Selamat Tahun Baru 2022. Selamat  tinggal era pandemi Covid-19 dengan variannya. Semoga prospek ekonomi kita semakin cerah dan Rakyat Riau semakin sejahtera. Aamiin Yra.***

 

SERANTAU UTAMA

Kambing milik warga Desa Teluklanus tewas dimangsa Harimau Sumatera, Sabtu (26/6/2021). (Foto: HO BBKSDA Riau)

Penampakan Kembali Harimau Sumatera, Mangsa Dua Ek...

Suasana peresmian cabang baru Rumah Tahfidz Ahlul Quran - Batubara. (Foto: Dok Istimewa)

Rumah Tahfidz Ahlul Quran Batubara Buka Cabang, Ja...

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT saat memimpin langsung prosesi peringatan Hari Jadi Ke-237 Kota Pekanbaru, berlangsung secara virtual. (Foto: Pekanbaru.go.id)

Walikota Pimpin Peringatan Hari Jadi Ke-237 Pekanb...

DR H Firdaus ST MT, Walikota Pekanbaru. (Foto: Pekanbaru.go.id)

Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru, Walikota: Kita Jadikan...

Pada hari ke-13 sudah dijaring 1.380 orang serta telah diamankan Polda Banten dan jajaran pada operasi premanisme di enam wilayah Polres/ta. (Foto: Dok Bidhumasy)

Sudah Dijaring Polda Banten Sebanyak 1.380 Pelaku ...

Bayu Lesmana bersama Rulli Aryanto, Owner and Founder Indonesia Records dan Artwork lagu Merelakanmu (Ready to Move On) dari Bayu Lesmana. (Foto: Dok Istimewa)

Bayu Lesmana Rilis Lagu & Web Series Merelakanmu (...

Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Siak dan Rokan Hulu oleh Gubernur Syamsuar di Balai Pelangi, Komplek Gedung Daerah Riau. (Foto: Dok MCR)

Gubri Ambil Sumpah Dan Lantik Bupati-Wabup Siak Da...

Kepala Badan Pembina Administrasi Veteran  dan Cadangan Kodam I/BB Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto melalui Kakanminvetcad I/30 Payakumbuh Mayor Caj Drs Prinaldi MM beranjangsana dan berikan tali asih kepada Veteran PKRI, Selasa (22/06/2021). (Foto: Dok Kanminvetcad I/30)

Bukti Peduli Veteran, Kababinminvercaddam I/BB Ber...

IKLAN LAYANAN

Potensi Sungai Indragiri sangat luar biasa dengan kondisi alamnya indah mempesona tetapi sudah dirusak oleh kegiatan ekonomi seperti penambangan pasir dan emas secara liar serta penebangan pohon yang merusak lingkungan dan memperkeruh DAS Indragiri Akuaman.  Padahal sungai adalah sumber pendapatan ekonomi dam sumber mata pencarian masyarakat, sekalipun transportasi sungai sudah digantikan angkutan darat. Ayo kita berpaling ke DAS Indragiri Akuaman! Dari sungai kita napak-tilas kejayaan leluhur untuk menyemangati generasi penerus kita.***


iklan gambar

GALERI

Ekspedisi1
Ekspedisi2
Ekspedisi3

Foto: Dok SRN

 

DOKUMENTASIKAN KONDISI DAS INDRAGIRI AKUAMAN TERKINI DAN UPAYA CARI SOLUSI

ALHQMDULILLAH Ekspedisi DAS Indragiri Akuaman di ruas Inhu, selama tuga hari (20-21/11/2021 dan 12/12/2021), sudah terlaksana baik, aman dan lancar, sesuai ekspektasi dan harapan Gerakan Masyarakat Adat Peduli Lingkungan Hidup Indragiri Hulu (GEMA PELINDUP INHU) yang dimotori LAMR Inhu.

Pada etape pertama Bupati Rezita Meylani Yopi SE memimpin langsung ekspedisi ini. Dan di hari kedua beliau meninjau kondisi badan jalan di Desa Petalongan, Pasir Penyu. Tim Ekspedisi di hari kedua start dari Desa Danau Baru, Rengat Barat menyusuri kawasan kampung seperti Pekanheran, Teluk Erong, Sungai Guntung, Kampung Dagang, Kampung Pulau Kampung Besar Seberang hingga finish di Posko KPBD Inhu, tepatnya di bawah Jembatan Trio Amanah alias Jembatan Dongker.

Sementara di hari ketiga Tim Ekspedisi menyisir kawasan dari Jembatan Dobgker menuju Pasir Kemilu, Sungai Raya, Sungai Beringin, Pulau Gajah, Pulau Gelang, Desa Lumu, Kuala Benaku hingga Pulau Jumat.

Tim Ekspedisi sudah merekam sejumlah keadaan tebing yang rawan abrasi maupun sejumlah kawasan yang sudah terpelihara baik oleh tanaman pelindung seperti Teberau, rumpun buluh, dan Pedada (Bakau Air tawar) serta tanaman pelindung tebing seperti pokok Aren, Durian, Matoa, Jengkol dan Petai, sera Mangga dan Rambutan.

Insyaallah akan ada solusi yang sedang diformulasikan oleh Tim Ekspedisi Pimpinan Bupati Inhu sebagai kegiatan pendahuluan GEMA PELINDUP INHU yang akan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini. Semoga.  ***





SERANTAU NEGERI

VIDEO