Keluarga Besar serantauriau.news mengucapkan tahniah atas pengambilan sumpah dan pelantikan H Wan Thamrin Hasyim sebagai Gubernur Riau definitif oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (10/12/2018). Semoga sukses memangku amanah masyarakat di Bumi Melayu Riau. Patah Tumbuh Hilang Berganti, Takkan Melayu Hilang di Bumi. ***

 

Selpi Keswita, Kasubag Informasi, Media Cetak dan Elektronik Pemkab Kuansing memberikan cenderamata kepada Redaktur Harian Singgalang Eriandi. (Foto: Irwan S Benai)

Selpi Keswita, Kasubag Informasi, Media Cetak dan Elektronik Pemkab Kuansing memberikan cenderamata kepada Redaktur Harian Singgalang Eriandi. (Foto: Irwan S Benai)

Humas dan Wartawan Kuansing Kunjungi Harian Singgalang Padang



Irwan S Benai

Jumat, 30 Maret 2018

Padang - serantauriau.news - Dalam upaya memajukan jurnalistik di Kabupaten Kuansing, Bagian Humas dan 28 wartawan Kuansing yang merupakan peserta jurnalistik, melakukan kunjungan ke kantor Harian Singgalang, di Jalan Veteran 17 Olo Ladang, Padang Barat Kota.

Rombongan ingin melihat perkembangan pers di Kota Padang. Kunjungan berlangsung, Kamis (29/3/2018). 

Kunjungan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan Humas Pemkab Kuansing, selama dua hari pada 27-28 Maret 2018, di Pangeran Beach Hotel Padang.

Kedatangan Humas dan rombongan wartawan Kuansing ini, disambut langsung oleh Redaktur Eriandi SSos di lantai 3, ruang rapat Kantor Harian Singgalang Padang. Hadir juga narasumber pelatihan jurnalistik, Saparuddin Koto dan Harry B Koriun.

Redaktur Harian Singgalang Eriandi menyampaikan perkembangan koran Harian Singgalang, yang pada 2018 ini akan memasuki usia yang ke-50 tahun. Hari jadi itu akan menjadi ulang tahun emas Harian Singgalang.

Dikatakan Eriandi, sejak berdiri hingga saat ini, Singgalang terus berkembang dan eksis. Tentu saja semua tidak terlepas dari kerja keras awak media yang profesional. Di mana 99 persen wartawannya, kata Eriandi, sudah UKW.

Beliau menyebutkan bahwa di wilayah Sumatera Barat, Singgalang tersebar di 29 kabupaten/kota di Minangkabau. Bahkan untuk pembacanya menurut Eriandi, tidak hanya di Sumbar saja, akan tetapi juga eksis di nasional seperti di Jakarta.

"Pencapaian ini didapat karena perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan para wartawannya, terutama sekali gaji pokok dan insentif. Untuk gaji pokoknya kita sesuai dengan UMP sedangkan insentif diberikan bagi wartawan yang handal dan profesional," tuturnya.

Selain itu, bagi wartawan yang berprestasi juga diberikan reward. Reward ini menurutnya bisa disekolahkan untuk menambah ilmu baru bagi wartawan, kemudian ada juga yang berupa umrah gratis. Reward diberikan setiap tahun.

"Intinya, untuk menjadikan suatu media menjadi besar terutama dengan memperhatikan kesejahteraan wartawan, karena tanpa wartawan yang handal dan profesional dalam menggali berita, Singgalang tidak akan seeksis ini. Selain kesejahteraan, kesungguhan wartawan adalah yang utama," jelas Eriandi.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian cenderamata dari Pemkab Kuansing yang diwakili Kasubag Informasi, Media Cetak dan Elektronik Selpi Keswita kepada Harian Singgalang. Singgalang pun memberikan beberapa buku karya jurnalis Singgalang. (ISB)