Media Online serantauriau.news mengucapkan selamat melaksanakan rukun Islam kelima kepada Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia musim haji1440 Hijriah. Selamat memenuhi panggilan Allah SWT dan Ibrahim AS, senoga dilancarkan semua rangkaian ibadah, tetap sehat dan mendapatkan haji mabrur dan mabrurah. Aamiin Yra.***

Februari 2018, 214.427 Warga Tiongkok Datang ke Indonesia

 Teleconference dengan Kepala BPS RI mengenai berita resmi statistik(Foto: Fitri Burhan)

Teleconference dengan Kepala BPS RI mengenai berita resmi statistik(Foto: Fitri Burhan)

Fitri Burhan

Senin, 02 April 2018

Pekanbaru - serantauriau.news - Kunjungan orang asing terbanyak ke Indonesia, masih ditempati warga Tiongkok, hingga Februari 2018. Sebanyak 214.427 orang Tiongkok berduyun-duyun datang ke Indonesia.

Demikian dipaparkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Dr Suhariyanto, saat teleconference berita resmi statistik di kantor BPS Riau, Senin (2/4/2018).

"Tak banyak berubah seperti bulan-bulan lalu, kunjungan orang luar ke Indonesia paling banyak masih rangking pertama dari Tiongkok," jelas Suhariyanto.

Diduga, warga Tiongkok yang datang ke negara terbesar di Asia Tenggara ini, kebanyakan pekerja-pekerja dari Tiongkok. Sebab, dikatakan Suhariyanto, kunjungan orang asing ke Indonesia biasanya bukan hanya untuk melancong, namun juga untuk urusan kerja. Hanya saja, BPS bertugas sebagai "tukang potret" saja, tidak bisa mengambil kebijakan berkaitan hal tersebut.

Adapun total orang asing dari Tiongkok yang datang ke Indonesia, jika dipersentasekan sebesar 17,85 persen. Sedangkan pada Februari 2017 silam, kunjungan warga Tiongkok sebanyak 199.440 orang atau 19,49 persen dari kunjungan seluruh orang asing dari berbagai negara, ke Indonesia.

Untuk peringkat kedua kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) terbanyak, ditempati warga negara jiran Malaysia dan tempat ketiga, warga Singapura. Sebanyak 205.855 orang (17,14 persen) warga Malaysia datang berkunjung ke Indonesia pada Februari lalu. Sedangkan warga Singapura yang berkunjung, sebanyak 125.153 orang (10,42 persen).

Di peringkat keempat Wisman ke Indonesia ditempati warga Timor Leste dan kelima, dari India. Wisman dari Timor Leste sebanyak 123.777 orang (10,31 persen) berdatangan ke Indonesia. Sementara itu, Wisman dari India sebesar 42.680 orang (3,55 persen).

Ditambahkannya, total kunjungan Wisman atau orang asing ke Indonesia sebesar 1,2 juta orang. "Angka pada Februari 2018 tersebut menandakan pariwisata kita menggembirakan," ungkapnya.

Sementara itu, kunjungan Wisman dari negara-negara ASEAN tergolong menggembirakan alias tinggi dan kunjungan Wisman dari Timur Tengah agak kurang.(FB)