Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Nonstop 8 Jam, Musik dan Tari Ditampilkan

Penampilan grup musik dan band seluruh Riau yang memukau di Begawai Musik 3.

Penampilan grup musik dan band seluruh Riau yang memukau di Begawai Musik 3.

Widodo

Kamis, 05 April 2018

Pekanbaru - serantauriau.news - Bunyi-bunyian bernada indah terdengar mengalun dari musik tradisional yang ditampilkan puluhan band dari seluruh Riau, Rabu (4/4/2018). Ratusan penonton hadir menyaksikannya.

Tak hanya musik tradisional, alunan musik modern pun terdengar menggegarkan tiga panggung di kawasan purna MTQ Pekanbaru. Uniknya, persembahan seni tersebut ditampilkan nonstop selama 8 jam.

Selain musik, ada pula penampilan dance dari beberapa grup tari.

Dari sekian ramai penampilan musik tradisional Melayu dan modern yang dipersembahkan 30 grup musik Riau, paling banyak mendapat sambutan adalah penampilan musik randai dari Grup Randai Opera Kuantan. 

Saat penampilan musik randai ini, sejumlah penonton turut berjoget randai. Musik randai yang bernada cepat membuat pendengarnya bersemangat, hingga tak tahan ingin berjoget.

Selanjutnya persembahan musik dari grup musik dan band lainnya juga cukup mendapat sambutan penonton. Di antaranya penampilan musik dari Lentera Etno, Daddy Rock, Duo Rhythm, Troya Band, Geliga, Iwan Abbey, Komedi Putar dan Celemak Boyz.

Iven musik nonstop ini dinamakan Begawai Musik 3 yang ditaja oleh Begawai Institute, satu komunitas seni Riau. Dalam menyelenggarakan iven musik tersebut, Begawai Institute bekerja sama dengan Pekanbaru Audio Community (PAC).

Turut hadir saat pembukaan acara, perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang memberikan pengarahan bagi peserta iven.

Begawai Musik 3 merupakan iven musik yang ketiga kalinya dilaksanakan pada 2018 ini. "Begawai Musik I telah diadakan di purna MTQ pada Februari lalu. Yang kedua di simpang SKA, pada bulan Februari lalu," papar Aristofani, General Manager (GM) Begawai Institute kepada serantauriau.news, di sela-sela acara.

Lelaki yang akrab disapa Titok ini menegaskan, Begawai Musik 3 dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga berakhir pukul 24.00 WIB tengah malam.

"Melalui iven musik nonstop tersebut, kami ingin memberikan wadah bagi seniman musik Melayu untuk menampilkan karya. Kita harapkan juga musisi kita dapat sejajar dengan musisi nasional," harap Titok.

Hal yang sama dinyatakan Benny Riaw, salah seorang musisi pendiri Begawai Institute. Benny berharap iven musik Begawai dapat dilaksanakan berkelanjutan.

"Saya kagum dengan semangat musisi Riau yang antusias menampilkan karya mereka, di tiga panggung yang kita sediakan," sebut Benny. (WDD)