Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Kuantan Meluap Tinggi, Partai Final Pacu Jalur Baserah Terpaksa Dihentikan

Kondisi air sungai kuantan di lokasi pacu jalur.(Foto: MIF)

Kondisi air sungai kuantan di lokasi pacu jalur.(Foto: MIF)

M Iqbal Fikri

Sabtu, 21 April 2018

Baserah -- serantauriau.news -- Perpacuan hari keempat Pekan Budaya Tahun 2018 yang bertempat di tepian Lubuok Sobae resmi tidak dilanjutkan. Hal ini berdasar keputusan bersama yang diambil panitia bersama utusan jalur di tribun finish, Sabtu (21/4/2018).

 

Kondisi air Kuantan yang meluap, ditambah intensitas air yang terus mengalami pasang, dan hal teknis lainnya seperti ghoboh (kayu-kayuan) besar yang hanyut, dan keselamatan anak pacu, disinyalir menjadi hal utama pacu jalur tersebut tidak dilanjutkan.

 

Seperti dikemukakan Ketua Panitia Sariono. "Hadiah pacu kita bagi rata. Ini sudah kesepakatan kita bersama utusan-utusan jalur yang melaju ke hari ke empat," aku Kepala Desa Sei Sorik ini.

 

Hal ini diperkuat oleh Datuok Melayu kenegerian Koto Tuo Baserah Adrian. Sebagai manusia bisanya berencana, kuasa  Allah yang menentukan. Sesuai kesepakatan utusan jalur yang melaju ke putaran final, mereka melihat secara langsung arena perpacuan tidak bisa dilaksanakan. 

 

Katena air sungai makin meninggi, bekas tali kompang Pasar Usang -Pelukahan sampai menyentuh air Sungai Kuantan yang pasang, maka semua sepakat untuk tidak dilanjutkan. (MIF)

 

Berikut jalur-jalur yang sejatinya berlaga sore hari ini:

 

1. Bujang Gaga Lingkungan Nago

2. Tuah Kalojengking Muda Indragiri

3. Pangeran Hilir Rantau Kuantan

4. Marangin Montiak Tuah Lipai

5. Pulau laghe Mandulang Untung

6. Tuah Koghi

7. Putri Kumayang Lindung Daun

8. Panah Ombak Sutan Mudo

9. Jitu Kuantan