serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Mursini Buka Diklat Prajabatan CPNS Formasi Khusus Lingkup Pemkab Kuansing

Sambutan Bupati Mursini ketika membuka LPJ bagi CPNS golongan II dan III serta pemasangan tanda peserta. (Foto: Humas Setda Kuansing)

Sambutan Bupati Mursini ketika membuka LPJ bagi CPNS golongan II dan III serta pemasangan tanda peserta. (Foto: Humas Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Rabu, 25 April 2018

Telukkuantan - serantauriau.news - Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi membuka secara resmi Diklat Prajabatan CPNS Golongan II Dan III Angkatan II Formasi Honorer Kategori 2 Provinsi Riau di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Acara yang bertempat di Gedung Narosa Teluk Kuantan ini dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau H Kasiarudin didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Kuansing Ramli SSos serta sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Kuansing, Selasa (24/04/2018).

Dalam pidatonya, Bupati Mursini menyampaikan bahwa CPNS wajib mengikuti Diklat Prajabatan dalam jangka waktu paling lama 1 tahun sebagaimana yang diamanatkan oleh PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil pada Pasal 351.

"Saya minta perhatian seluruh CPNS agar bisa mengikuti LPJ ini dengan sungguh-sungguh sehingga semua materi, pengalaman dan pelatihan yang diberikan nantinya dapat dijadikan bekal yang bermanfaat dalam menunjang pelaksanaan tugas CPNS nantinya," tegas bupati.

Bupati juga menyampaikan, seorang PNS di samping harus mempunyai pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang memadai, PNS juga harus memiliki 4 kompetensi dasar ; yaitu prestasi, dedikasi/disiplin, loyalitas dan tidak tercela. "Poin inilah  yang akan menentukan perjalanan karir PNS nantinya.", tambah Mursini.

Kepala Badan Pengawasan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau H Kasiarudin menyampaikan, tujuan dilaksanakannya LPJ ini, adalah untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika PNS, di samping pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya kerja organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

"Saya menghimbau, seraplah sebaik-baiknya ilmu pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan/diberikan oleh Widyaiswara dan Tenaga Pengajar. Karena saudaralah yang menjadi penentu keberhasilan dalam mencapai peringkat kelulusan. Dan melalui kerja sama diharapkan terciptanya efek sinergi. Sehingga yang menjadi tujuan dari lembaga pendidikan ini, dapat tercapai dengan baik.", jelas Kasiarudin.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan  Kabupaten Kuansing Ramli S.Sos menerangkan, bahwa Peserta Diklat Prajabatan Formasi Khusus Tahun 2018 sebanyak 200 orang  yang terdiri dari Pegawai Tidak Tetap Tenaga Medis Dokter sebanyak 5 orang ; 3 orang Dokter Umum, 2 orang Dokter Gigi. Pegawai Tidak Tetap Tenaga Medis Bidan sebanyak 172 orang. Tenaga Harian Lepas Tenaga Penyuluh Pertanian sebanyak 23 orang.

"Sesuai Standar Kompetensi yang berlaku, Diklat Prajabatan CPNS ini akan dilaksanakan selama 7 hari kerja termasuk hari libur dengan jam pelajaran sebanyak 78 jam pelajaran. Sedangkan tenaga pengajar berasal dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau dan Pejabat di Lingkup Pemkab Kuansing," terang Ramli.(ISB/RLS)