Media Online serantauriau.news mengucapkan selamat melaksanakan rukun Islam kelima kepada Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia musim haji1440 Hijriah. Selamat memenuhi panggilan Allah SWT dan Ibrahim AS, senoga dilancarkan semua rangkaian ibadah, tetap sehat dan mendapatkan haji mabrur dan mabrurah. Aamiin Yra.***

Tahun Depan Riau Embarkasi Penuh

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ketika menerima Plt Gubri dan Bupati Kampar, menyambut baik keinginan Pemprov Riau punya Embarkasi Haji. (Foto: Humas Setda Kampar)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ketika menerima Plt Gubri dan Bupati Kampar, menyambut baik keinginan Pemprov Riau punya Embarkasi Haji. (Foto: Humas Setda Kampar)

Adi Pradana

Senin, 30 April 2018

Jakarta - serantauriau.news - Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau Ahmad syah Harrofie, Kemenag Riau H Ahmad Supardi, Sekretaris Bimas Islam Kemenag RI Tarmizi Tohor, Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM, dan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau Masrul Kasmy menghadap Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama RI untuk meminta agar Ria punya embarkasi penuh. Selama ini Jamaah Haji Riau embarkasi di Batam, Kepulauan Riau.

Untuk tahun depan insya Allah akan memakai embarkasi sendiri sehingga nantinya  keberangkatan 5 ribu jamaah haji yang setiap tahun tidak jauh dari daerahnya masing-masing. (30/4/2018).

“Pada dasarnya kita sangat mendukung jika makin banyak embarkasi keberangkatan jemaah haji, semakin memudahkan kita dan para calon jemaah haji. Namun kita kan mesti ikuti aturan dan aturannya bukan dari saya tapi berbagai pihak,” ujar Lukman Hakim Saifuddin.

Respon baik Menteri Agama RI adalah langsung memerintahkan Sekjen Kemenag RI agar segera melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran Kementerian terumata menyangkut dengan penambahan embarkasi.               

Wan Thamrin Hasyim usai menghadap Menteri Agama mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau telah melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan agar Kementarian Agama dapat menambah embarkasi bagi jamaah haji Riau tahun depan.

“Untuk merealisasikan hal ini Pemerintah Provinsi Riau telah melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan dan barusan telah kita serahkan ke Pak Menteri," ucapnya.

Sementara itu Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM usai melakukan pertemuan bersama Menteri Agama RI mengatakan pertemuan ini untuk mengupayakan tahun ini jamaah haji Riau tidak lagi bermalam di Batam, melainkan hanya pindah pesawat dari Pekanbaru ke Batam atau dengan istilah embarkasi antara dan tahun depan insya Allah bisa Pekanbaru menjadi embarkasi penuh.

Sebelumnya rombongan menghadap Sekjen Kemenag RI Nursyam, karena Menteri tengah di perjalanan menuju kantor sembari menjelaskan beberapa hal agar pengajuan ini dapat dikooridonasikan bersama Menter Agamai.(APD