serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Pemkab Kuansing Peringati Hardiknas 2018

Bupati Mursini menjadi Pembina Upacara Hari Pendidikan Nadional. (Foto: Humas Setda Kuansing)

Bupati Mursini menjadi Pembina Upacara Hari Pendidikan Nadional. (Foto: Humas Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Kamis, 03 Mei 2018

Telukkuantan - serantauriau.news -  Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Me 2018 pada Rabu pagi, (3/5/2018), bertempat di Lapangan Limuno Telukkuantan.

Ditandai dengan apel bendera, upacara yang dihadiri seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Kuansing ini, juga dihadiri para guru dan siswa sejumlah sekolah.

Dipimpin langsung oleh Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi. Peringatan Hardiknas, 2 Mei 2018 berlangsung hikmat dan sederhana.

Bertindak sebagai inspektur upacara, bupati tampil dengan mengenakan pakaian Korpri berwarna biru. Sedangkan sejumlah guru yang hadir sebagai peserta dalam upacara tersebut mengenakan batik khas PGRI.

Membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Bupati Mursini mengungkapkan, peringatan Hardiknas tahun 2018 mengangkat tema ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’. Tema ini, menurutnya, terilhami dari Ki Hadjar Dewantoro, bapak pendidikan nasional, yang memajukan pendidikan dan kebudayaan.

Menurut bupati, amanat menguatkan pendidikan dan kebudayaan tertuang dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, pasal 1 ayat 2, yang menyatakan pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional.

“Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia,” tuturnya. (ISB)