Selamat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah./ 24 Mei 2020 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan dan kembali kepada insan yang fitri, hasil tempaan bulan suci Ramadan. Minal Aidin Walfaizin, Maaf Lahir dan Batin.***

Pemkab Inhu Turun Lapangan Pastikan Ketersedian Sembako Sebelum Ramadan

Kabid Perdagangan pada Disperindagpas Kabupaten Inhu Ari Prastio Sunarto SE (kanan) bedialog dengan Supervisor SPBE di Jalan Lintas Timur Desa Talang Jerinjing Sugeng Winarno saat melakukan tinjuan untuk melihat ketersediaan gas jelang dan selama bulan Ramadan. (Foto: Edi Kasturi)

Kabid Perdagangan pada Disperindagpas Kabupaten Inhu Ari Prastio Sunarto SE (kanan) bedialog dengan Supervisor SPBE di Jalan Lintas Timur Desa Talang Jerinjing Sugeng Winarno saat melakukan tinjuan untuk melihat ketersediaan gas jelang dan selama bulan Ramadan. (Foto: Edi Kasturi)

Edi Kasturi

Jumat, 11 Mei 2018

Rengat - serantauriau.news - Sepekan jelang pelaksanaan puasa Ramadan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih meyakini ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok  masyarakat. Sehingga masyarakat di imbau tidak perlu khawatir tentang kebutuhan pokok jelang atau selama bulan Ramadan mendatang.

Selain tersedia, Pemkab Inhu juga menjamin tidak akan terjadi kelangkaan barang kebutuhan pokok tersebut. Karena berbagai langkah sudah dilakukan Pemkab Inhu.

Seperti yang dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Inhu yakni melakukan turun lapangan. "Kemarin, pihak Bulog sudah memastikan ketersedia beras jelang dan selama bulan Ramadan ini," ujar Kabid Perdagangan pada Disperindagpas Inhu Ari Prastio Sunarto SE, Jumat (11/5/2018).

Ketika Bulog sudah menyatakan ketersediaan beras, pihaknya melanjutkan peninjauan ketersediaan gas pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpji (SPBE) di Jalan Lintas Timur Desa Talang Jerinjing Kacamatan Rengat Barat. Bahkan di lapagan, Kabid Perdagangan bersama staf langsung melihat proses pengisian gas elpiji.

Di hadapan Kabid Perdagangan, Supervisor SPBE di Jalan Lintas Timur Desa Talang Jerinjing Sugeng Winarno mengatakan, hingga saat ini pasokan gas dari Pertamina masih normal. "Ada penambahan gas elpiji sekitar delapan persen selama bulan puasa ini," sebut Sugeng Winarno.

Menurutnya, peredaran tangung gas elpiji dalam sebulan rata-rata mencapai 200 ribu tabung atau sekitar 700 kilogram. Namun ketika dilihat data bulan April lalu, dari lima agen yang ada dapat mendistribusikan sebanyak 250.320 tabung atau sebanyak 750.960 kilogram gas elpiji.

Jaminan untuk ketersediaan gas elpiji sambung Sugeng, mengingat jalan dari Dumai menuju Kabupaten Inhu sudah cukup bagus. "Hingga saat ini juga belum ada kendala penganggutan gas elpiji dari Dumai menuju Inhu," tambahnya.

Untuk itu, Kabid Disperindag menekankan kepada pengelola SPBE agar dapat mendistribusikan gas elpiji melalui agen sesuai kebutuhan. "SPBE jangan hanya sebatas mengejar untung tetapi harus juga melihat kondisi kebutuhan di lapangan," tegas Kabid Perdagangan.(edi)