serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Tradisi Bersih-bersih Masjid/Surau dan Permakaman di Desa Kampung Medan

Menyambut bulan suci Ramadan, sudah menjadi tradisi pemuda-pemudi Desa Kampung Mefan bersih-bersih rumah ibadah dan kuburan. (Foto: M Iqbal Fikri)

Menyambut bulan suci Ramadan, sudah menjadi tradisi pemuda-pemudi Desa Kampung Mefan bersih-bersih rumah ibadah dan kuburan. (Foto: M Iqbal Fikri)

M Iqbal Fikri

Ahad, 13 Mei 2018

Baserah - serantauriau.news - Umat muslim di Kabupaten Kuantan Singingi mulai mempersiapkan penyambutan bulan Ramdan tahun ini untuk menjalankan ibadah puasa, terlebih masyarakat desa Kampung Medan, Kecamatan Kuantan Hilir, Baserah.

Berdasarkan kalender tahun Masehi, awal Ramdan akan jatuh pada pertengahan Mei, atau setelah bulan Sya’ban dalam kalender tahun Hijriyah. Meski demikian, pengumuman resmi dari pemerintah melalui sidang isbat, tetap menjadi rujukan.

Geliat menyambut bulan Ramadhan dapat terlihat dari aktivitas warga, terlebih pemuda-pemudi membersihkan masjid dan musholla/surau untuk pelaksanaan shalat wajib dan shalat sunah tarwih selama bulan puasa. Tak ketinggalan pemakaman warga desa juga turut dibersihkan melibatkan masyarakat dan perangkat desa.

Kegiatan ini sejatinya diinisiasi oleh Ikatan Pemuda-Pemudi Masjid Desa Kampung Medan, di mana dalam salah satu program kerjanya adalah bersih-bersih masjid dan surau berikut pekarangannya, dalam menyambut bulan Ramadhan, ujar Mairi Antoni selaku ketua.

Tak ketinggalan, menurut ketua, dalam bulan Ramadan nanti akan ditaja pula kegiatan MTQ tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, yang akan dipusatkan di Masjid Al-Mukarramah pada tanggal 1 Juni 2018.

Kegiatan ini juga diaspresiasi oleh Kepala Desa Kampung Medan Erwinsiyah. "Ini adalah kegiatan positif yang perlu kita support, terlebih dalam mempersiapkan penyambutan bulan puasa, kita masyarakat melaksanakan kerja bakti ataupun bersih-bersih pemakaman warga desa," ungkapnya.(MIF)