serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Curi Start Bakal Calon Legislatif 2019 Bakal Dijerat Pidana

Ketua Panwaslu Kuantan Singingi Masdius Adi Saputra SH. (Foto: Irwan S Benai)

Ketua Panwaslu Kuantan Singingi Masdius Adi Saputra SH. (Foto: Irwan S Benai)

Irwan S Benai

Senin, 21 Mei 2018

Telukkuantan - serantauriau.news - Sebanyak 16 partai politik yang menjadi kontestan Pemilu 2019 diharapkan tertib dalam melakukan kampanye.

"Jika tidak maka dugaan pidana dapat menjerat mereka," tegas Ketua Panwaslu Kabupaten Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra SH, kepada serantauriau.news, Senin (21/5/2018) di Telukkuantan.

Menurut Ketua Panwaslu Kuansing, jika merujuk pada Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, pasal 276 yang menyatakan bahwa kampanye dilaksanakan setelah 3 hari sejak ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Artinya bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari berbagai Parpol layaknya belum bisa melakukan kampanye dalam bentuk apapun jika merujuk aturan undang-undang.

"Sesuai jadwal dari KPU RI, kampanye Pemilu tersebut baru boleh dilakukan pada tanggal 23 September sampai dengan 13 April 2019," tutur Mardius .

Fakta di lapangan di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi sangat terbalik dengan undang undang tersebut. Sebab di Kabupaten Kuantan Singingi saat ini sudah marak para Bacaleg dari berbagai Parpol memasang alat peraga kampanye. Menghiasi titik-titik strategis di Kota Telukkuantan.

Dalam gambar baliho tersebut telah menyatakan bahwa diri mereka adalah calon-calon anggota Dewan, baik itu DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kuantan Singingi.

Curi start yang dilakukan oleh para Bacaleg, membuat geram Panwaslu Kuansing. Ketua Panwaslu Kuansing tidak akan tinggal diam. "Kita akan panggil semua pimpinan partai politik yang ada di Kabupaten Kuansing untuk sosialisasi aturan kampanye ini dan imbauan agar tidak melakukan kampanye di luar jadwal," sebutnya.(ISB)