serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Pemkab Kuansing Peringati Hari Lahir Pancasila

Bupati Mursini ketika menyampaikan sambutan Presiden RI sempena peringatan Hari Lahir Pancasila pada uoacara bendera di Kantor Bupati Kuansing. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Bupati Mursini ketika menyampaikan sambutan Presiden RI sempena peringatan Hari Lahir Pancasila pada uoacara bendera di Kantor Bupati Kuansing. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Senin, 04 Juni 2018

Telukkuantan - serantaueuau.news -- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018. Senin pagi (4/6/2018), di  Lapangan Komplek Perkantoran Pemda  Kabupaten Kuantan Singingi.

Upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017 diikuti seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Singingi yang dipimpin Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi sebagai pembina upacara.

Dalam pidato Presiden Joko Widodo yang disampaikan Bupati Mursini, mengajak semua komponen bangsa meneguhkan semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi.  Selama 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun pula, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

"Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,' ungkapnya

Pada kesempatan tersebut juga dingatkan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Keberagaman di mana berbagai etnis, bahasa, adat-istiadat, agama, kepercayaan, dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, atau yang biasa dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, juga disampaikan keprihatinan di mana kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia sedang mengalami ujian yang mengancam kebhinnekaan dan kesatuan bangsa Indonesia itu sendiri.

"Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," kata Presiden dalam sambutannya di upacara yang diselenggarakan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, tersebut pada Jumat, 1 Juni 2018.

Di akhir sambutan yang dibacakan Bupati, Presiden Joko Widodo menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan. Serta mempunyai sikap santun, saling menghormati, saling toleran, saling membantu untuk kepentingan bangsa, dan saling bergotong royong demi kemajuan Indonesia, melalui berbagai kegiatan yang positif.

Pancasila, kata Presiden, terus bertahan di tengah arus ideologi lain yang hendak mengubah dasar negara Indonesia. Presiden yakin nilai-nilai Pancasila akan terus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.(ISB/RLS)