serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Siluncuar Palopah Onau Kuansing Peringkat 8 Festival Olahraga Tradisional di Jambi

KOTI Pusat penyelenggara dan TVRI cukup terkesan dan ngefans dengan pacu onau, jenis olahraga tradisional Kuansing yang tampil mewakili Riau di Jambi. (Foto: Ist)

KOTI Pusat penyelenggara dan TVRI cukup terkesan dan ngefans dengan pacu onau, jenis olahraga tradisional Kuansing yang tampil mewakili Riau di Jambi. (Foto: Ist)

Irwan S Benai

Selasa, 10 Juli 2018

Telukkuantan - serantauriau.news -  Siluncuar Palopah Onau dari Kuansing berhasil meraih peringkat 8, pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional, yang dilaksanakan di Provinsi Jambi. Prestasi ini cukup membanggakan negeri jalur.

Festival tingkat nasional itu berlangsung pada 6-9 Juli 2018 lalu. Utusan Kuansing yang berpartisipasi dalam festival, merupakan anak asuhan Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dispora Kuansing Suherman Yusuf SPd MM dan Pelatih serta Ofisial, Surya Kurniawan SH, yang juga Kasi Keolahragaan Dispora Kuansing.

"Kuansing dipercaya mewakili Riau pada festival ini, berhasil meraih peringkat 8 nasional. Sangat berat sekali karena daerah lainnya juga sangat bagus-bagus," ungkap Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dispora Kuansing, Suherman Yusuf melalui Kasi Keolahragaan Dispora, Surya Kurniawan SH, Senin (9/7/2018) usai menerima hadiah juara festival.

Festival ini diikuti oleh 23 peserta dari provinsi seluruh Indonesia dan 3 kabupaten yang ada di Provinsi Jambi, sebagai tuan rumah. Meskipun tak meraih juara pertama, prestasi yang diraih tim Kuansing merupakan sejarah bagi Provinsi Riau. Pasalnya selama ini Riau belum pernah sekalipun masuk peringkat 10 terbaik.

"Sekarang Provinsi Riau mampu berada di posisi 8," ungkap Surya.

Pada festival bergengsi ini, Kemenpora menetapkan regulasi yaitu mencari 10 peserta terbaik. Kuansing yang mewakili Riau berhasil masuk meskipun berada di peringkat 8.

"Alhamdulillah, kita bisa mengambil posisi 8, ada yang lebih membuat kita bangga pada festival ini, yakni kita bisa menampilkan dan memperkenalkan budaya asli kita, yang memang kearifan lokal kita," sebutnya.

Ada yang lebih membuat bangga pada festival itu. Kontingen Kuansing disambut baik oleh Komunitas Olahraga Tradisional (KOTI) pusat, pelaksana festival yang ditunjuk Kemenpora RI. Media partner Kemenpora, TVRI juga nge-fans dengan penampilan tim Kuansing.

"Pihak KOTI dan TVRI langsung menghubungi kita. Meminta sinopsis yang ditampilkan dan bahkan mereka juga meminta properti kita, yakni Siluncuar Palopah Onau," paparnya. (ISB)