serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Bupati Mursini Minta Seluruh Stake Holder Sukseskan Germas di Kuansing

Bupati Mursini ketika membuka Pertemuan Forum Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas) di Kuansing. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Bupati Mursini ketika membuka Pertemuan Forum Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas) di Kuansing. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Jumat, 13 Juli 2018

Telukkuantan - serantauriau.news - Saat ini Indonesia umumnya, dan Kabupaten Kuantan Singingi khususnya, sedang menghadapi masalah kesehatan "triple burden" karena masih adanya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

Akibatnya, meningkatnya penyakit tidak menular ini dapat menurunkan produktivitas sumberdaya manusia bahkan kualitas generasi bangsa,.Di samping itu berdampak pula pada besarnya beban pemerintah karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar yang pada akhirnya akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi.

Bupati Kuansing Drs Mursini MSi menyampaikan hal itu, saat membuka Pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Kuansing, Jumat (13/7/2018) di ruang rapat Multimedia ,Kantor Bupati Kuansing.

Sehubungan hal itu bupati mengatakan, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat" guna mewujutkan masyarakat dan Indonesia sehat.

Caranya dimulai dengan tiga langkah tahapan. Yaitu dimulai dari  melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari. Kedua mengkonsumsi buah dan sayur dan yang banyak dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Memeriksa kesehatan secara dini dan rutin sangat perlu dilakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan bila mana  mengetahui terdapat penyakit di dalam tubuh dapat kita obati dengan segera pula," kata bupati.

Besar harapan dirinya melalui kegiatan ini seluruh stake holder terkait dapat saling bahu membahu untuk keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Kuantan Singingi dalam kehidupan kesehariannya, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kuansing dr Reza Tcahyadi menambahkan pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas ini untuk tingkat Kabupaten Kuantan Singingi telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, saat memeringati Hari Kesehatan Sedunia.

"Telah banyak kegiatan yang dilaksanakan  forum germas  selama setahun ini dalam upaya menghimbau masyarakat membudayakan hidup sehat seperti mandi air yang bersih, buang air besar  dan kecil di WC, mengajak masyarakat makukan aktivitas gidik 30 menit perhari dan lain sebagainya," ungkapnya.

Karena itu, pada penyelenggaraan Forum Koordinasi Germas sekarang ini akan dievaluasi apa-apa saja program yang sudah terlaksana selama setahun ini agar dapat ditingkatkan lagi pada tahun ke depannya," terang Reza menambahkan.

Turut hadir pada acara ini Sekretaris Daerah DR H Dianto Mampanini SE MT, Asisten II DR Indra Suandi ST MT, dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan kepala OPD se-Kabupaten Kuansing. (ISB)