serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pulaupadang, KKN Unri Tanam Kurma

Adlin MSi, Mahasiswa KKN dan masyarakat tempatan melakukan penanaman kurma. (Foto: Ist)

Adlin MSi, Mahasiswa KKN dan masyarakat tempatan melakukan penanaman kurma. (Foto: Ist)

Ikhsan Fitra

Kamis, 19 Juli 2018

Pulaupadang - serantauriau.news - Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Mahasasiswa KKN Universitas Riau, bersama dosen dan masyarakat tempatan melakukan penanaman bibit  pohon kurma di lokasi yang telah disediakan oleh Asosiasi Pemuda Desa Pulau Padang Kecamatan Singingi.

Kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau (LPPM Unri). Dipilihnya tanaman kurma disebabkan tanaman ini memiliki nilai ekonomi tinggi yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Adlin MSi kepada serantauriau.news menuturkan, menurunnya ekonomi masyarakat disebabkan jatuhnya harga karet, sementara kurma mampu menjadi tanaman alternatif.

“Pembudidayaan tanaman kurma saat ini semakin berkembang di masyarakat. Ini yang coba kita kembangkan di Desa Pulau Padang. Ditambah dengan masih adanya lahan kosong yang belum termanfaatkan dan tanaman ini tidak merusak lingkungan,” ujarnya.

Bibit yang ditanam adalah kurma jenis Barhee yang terbukti adaptif di daerah tropis, yang saat ini jenis tersebut sudah berproduksi di Thailand. 

Bibit yang ditanam berasal dari biji dan kultur jaringan hampir bisa diperkirakan berbuah 3 tahun ke depan. Jika sebatang kurma berproduksi optimal maka diperkirakan hasil 1 batang kurma sama dengan satu hektar sawit. 

Kegiatan ini disambut positif oleh Sisrianto sebagai ketua Asosiasi Pemuda Desa Pulau Padang Kecamatan Singingi. Menurut dia, dijadikannya Desa Pulau Padang sebagai tempat penanam kurma merupakan suatu yang sangat berarti bagi masyarakat. Apalagi mungkin di daerah ini kurma ditanam di Kabupaten Kuansing.

“Terima kasih kepada LPPM Unri dan Mahasiswa KKN Universitas Riau yang telah melaksanakan kegiatan. Semoga ke depan akan banyak masyarakat yang membudidakan tanama kurma. Apalagi kurma merupakan makanan khas terutama saat bulan puasa tiba,” ungkat Sisrianto. (IFM)