Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Usulan Penggantian Wabup Rohul Belum Diterima Pemprov Riau

Achmad Syah Harrofie SH, Asisten Pemerintahan Setdaprov Riau. (Foto: Dok SRN)

Achmad Syah Harrofie SH, Asisten Pemerintahan Setdaprov Riau. (Foto: Dok SRN)

Ayu Kurniasih

Kamis, 26 Juli 2018

Pekanbaru - serantauriau.news - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih belum menerima usulan pergantian Wakil Bupati Rokan Hulu, pasca ditinggalkan Sukiman yang menjadi Bupati Rohul.

Sebagaimana diketahui, Sukiman menggantikan Suparman yang tersandung kasus hukum.

Asisten I Setdaprov Riau Achmad Syah Harrofie menyatakan, hingga kini pihaknya belum menerima usulan pergantian Wakil Bupati Rokan Hulu tersebut.

"Usulan tersebut biasanya melalui partai pendukungnya saat Pilkada lalu. Kemudian disampaikan ke DPRD Rohul, barulah ke Pemprov Riau. Namun usulannya belum juga kita terima," ucapnya ketika ditemui, Rabu (25/7/2018).

Pasca ditangkapnya mantan Bupati Rokan Hulu Suparman oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wakil Bupati Rohul secara otomatis menggantikan posisi Bupati Rohul. Artinya, terjadi kekosongan pada jabatan Wakil Bupati Rohul.

"Untuk mekanisme penggantian Wabup dilakukan partai pendukung dengan mengajukan 2 nama kepada DPRD kabupaten. Selanjutnya setelah dipilih DPRD kabupaten, akan diteruskan ke Pemprov Riau untuk dilanjutkan kepada Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Achmad Syah Harrofie menambahkan, setelah SK Kemendagri untuk Wabup Rohul diterima, maka DPRD kabupaten akan menetapkan jadwal pelantikan. "Untuk pelantikannya akan dilaksanakan langsung oleh Gubernur Riau," ulasnya. (AYU)