Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari Dipadati Penonton

Bupati Mursini bersama Wabup Halim membuka Pacu Jalur di Rayon IV Koto Godang, Kari, Kuantan Tengah. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Bupati Mursini bersama Wabup Halim membuka Pacu Jalur di Rayon IV Koto Godang, Kari, Kuantan Tengah. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Jumat, 10 Agustus 2018

Telukkuantan - serantauriau.news - Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari di Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi, Kamis (9/8/2018) dipadati penonton.

Pacu jalur Pulau Godang Kari ini dibuka Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi. Turut hadir Wabup H Halim, Ketua DPRD Andi Putra SH MH, Anggota DPRD Kuansing Raden, Musliadi dan Werinaldi, Forkopimda, kepala OPD dan Camat Kuantan Tengah M Refendi Zukman.

Bupati Mursini menyampaikan rasa apresiasinya kepada panitia Pacu Jalur Rayon IV untuk seluruh rangkaian acara yang terlaksana. Apalagi pacu jalur ini berhasil memancing animo masyarakat yang tinggi. Sebab, ajang pacu jalur sarat dengan penonton.

"Pacu jalur merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya bagi masyarakat rantau Kuantan. Sebagai produk budaya dan karya seni masyarakat yang memiliki makna sendiri, pacu jalur juga menjadi salah satu iven andalan Provinsi Riau dan sudah masuk kalender pariwisata nasional," sebut bupati.

Selain itu, festival pacu jalur yang telah berusia ratusan tahun dari Kabupaten Kuansing telah berhasil dinobatkan sebagai Kategori Festival Terpopuler di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Hingga Bupati Mursini mengharapkan masyarakat Kuansing agar senantiasa menjaga dan melestarikan budaya sendiri.

Untuk tahun 2018, tambah bupati, Kabupaten Kuansing masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) yaitu pada Kategori Atraksi Budaya Terpopuler "Perahu Baganduang" dari Kecamatan Kuantan Mudik.

"Saya berharap partisipasi masyarakat Kabupaten Kuansing dalam memberikan suara (vote) hingga tanggal 31 Oktober ke depan. Dengan cara ketik API 8D kirim SMS ke nomor 99386," terang bupati.

Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah, resmi dibuka oleh Bupati Kuantan Singingi, secara bersama-sama melepas hilir jalur pertama ke Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi. Ajang ini sarat dengan penonton maupun para pedagang. (ISB)