Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Bupati Buka Secara Resmi Tradisi Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang di Laman Pendekar Leman Pulau Kumpai

Tradisi Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang di Laman Pendekar Leman ini sangat diapresiadi oleh Bupati Mursini. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Tradisi Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang di Laman Pendekar Leman ini sangat diapresiadi oleh Bupati Mursini. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Selasa, 21 Agustus 2018

Pangean - serantauriau.news - Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi membuka secara resmi  Tradisi  Silat Menyerayo dan Turun ke Ladang, di Laman Pendekar Leman  yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada Senin siang (20/8/2018) di Desa Pulau Kumpai, Kecamatan Pangean.

Turut hadir mendampingi Bupati Kuansing, Wakil Ketua DPRD Kuantan Singingi Sardiyono AMd, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Jupirman SPd MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Drs Azhar Ali MM, Kepala Badan BPMKB Irwandi SSos MM, Kabag Humas dan Protokoler Drs Muradi MSi,  Kabag umum Setda Kuansing M Saleh SSos, Kabag Pembangunan Andriyama Putra SHut, Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE, Kapolsek Pangean,  KUA Kecamatan Pangean, Tokoh Masyarakat Pangean H Nayarlis. 

Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tradisi Silat Pangean beberapa minggu lalu juga dilaksanakan  Tradisi Silat Pendekar Malin di Laman Pendekar Malin Baromban Bosi di Desa Pembatang. Tradisi Silat Pangean ini kiranya dapat merajut silaturahmi untuk  kemajuan negeri Pangean maupun Kabupaten Kuantan Singingi.

Selanjutnya, Bupati Mursini pada kesempatan ini terlebih dahulu memperkenalkan para pejabat yang berkesempatan hadir mendampingi bupati, Bupati menyampaikan apresiasinya terutama kepada datuk-datuk penghulu yang hadir dan telah melestarikan budaya leluhur Pangean.

Keberagaman Tradisi Silat antara Pendekar Malin dan Pendekar Leman ada perbedaan silsilah daripada khasanah budaya Silat khusus Negeri Pangean, sebagaimana disampaikan Datuk Penghulu tadi bahwa Silsilah Tradisi Pendekar Malin turun dari mamak ke kemanakan, sedangkan Silsilah Silat Pendekar Leman turun dari Bapak ke anak-anak," ucap bupati sebagaimana yang disampaikan salah seorang Datuk Penghulu.

Bupati Mursini juga menyampaikan terima kasih kepada guru-guru silat yang telah memberikan ilmu secara turun-temurun kepada anak cucu kita negeri Pangean khususnya dan Kuansing umumnya semoga Silsilah Silat Pangean ini akan terus terjaga dengan baik.

Seterusnya, Bupati Mursini menanggapi beberapa usulan Pembangunan dari Camat Pangean, di antaranya Pembangunan Jaringan Irigasi di Kecamatan Pangean, Bupati minta Camat Pangean silahkan mengusulkan untuk tahun 2019, agar usulan tersebut dapat masuk dalam RKPD, mudah-mudahan tahun depan bisa kita realisasikan.

"Saya minta Kabag Pembangunan untuk mencatat usulan Camat Pangean tentang usulan Pembangunan Jaringan Irigasi, ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, semoga dengan bagusnya jaringan irigasi bisa kita terapkan dua kali tanam dalam setahun," harap Bupati Mursini. (ISB)