Selamat Idul Adha, 10 Zulhijjah 1443 H. Semoga kita dapat meneladani ketaatan dan keikhlasan serta kesabaran Ibrahim AS, Ismail AS dan Siti Hajar RA. dalam melaksanakan perintah Qurban. Mohon maaf lahir dan batin. ***

 

Tingginya Kurs Dolar Tak Pengaruhi Ekpor-impor Migas Riau

Indra Agus, Kadis ESDM Riau. (Foto: Ist)

Indra Agus, Kadis ESDM Riau. (Foto: Ist)

Ayu Kurniasih

Jumat, 14 September 2018

Pekanbaru - serantauriau.news - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau menegaskan, aktivitas ekspor-impor Migas dalam kalkulasi hitungan untung-rugi, tidak begitu terpengaruh terhadap tingginya kurs dolar terhadap rupiah.

"Untuk besaran volumenya memang ada pengaruh. Tapi kalau kenaikan dolar terhadap nilai minyak atau harga minyak, tak ada pengaruhnya. Kitakan kenanya diimpor yang memakan biaya besar. Jadi kalau ekspor minyak mentah terus kita impor minyak jadi. Sama saja tak ada pengaruhnya," katanya, saat ditemui pada Kamis (13/9/2018).

Ia menjelaskan, jika kenaikan harga minyak bukan dari hitungan kenaikan dolar. Nilai pendapatan akan dihitung di akhir tahun. Misalnya ada tunda bayar maka akan kembali dilakukan penghitungan.

"Tapi kalau harga minyaknya turun maka dipotongnya saat itu juga. Kan itu sudah diatur, ada Permennya," tambahnya.

Di Riau, pasca jatuhnya harga minyak dunia pada 4 tahun silam, jatah dana bagi hasil terdampak. Namun kondisi harga minyak kemudian tidak terlalu menggembirakan, meskipun terjadi kenaikan.

Fluktuasi harga minyak dunia semakin membuat situasi tidak nyaman.

Pemprov Riau kemudian memilih untuk memprioritaskan sektor lain, seperti perkebunan dan pariwisata sebagai sasaran utama pendapatan. (AYU)