serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Kabupaten Kuansing Kembali Raih Penghargaan WTP

Bupati Kuansing menerima WTP untuk kesekian kalinya dari Pemerintah Pusat atas penyusunan laporan keuangan Pemkab. (Foto: Ist)

Bupati Kuansing menerima WTP untuk kesekian kalinya dari Pemerintah Pusat atas penyusunan laporan keuangan Pemkab. (Foto: Ist)

Irwan S Benai

Kamis, 20 September 2018

Jakarta - serantauriau.news - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari pemerintah pusat atas laporan hasil pemeriksaan keuangan 2017.

Ini untuk kesekian kalinya Kuansing mendapatkan predikat WTP. Sebelumnya, tahun anggaran 2016 juga Pemkab Kuansing meraih kategori WTP.

Untuk itu, Kabupaten Kuansing mendapatkan penghargaan atas predikat WTP yang diraih. Penghargaan diberikan pemerintah pusat melalui  Kementerian Keuangan RI, kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berhasil meraih opini WTP sebanyak lima kali berturut-turut.

Tahun 2017 lalu, selain Kabupaten Kuansing juga ada 38 kabupaten dan 15 kota lainnya se-Indonesia menerima penghargaan serupa. Penerima WTP, baik kementerian/lembaga yang meraih opini WTP pada tahun 2017 terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Untuk kementerian/lembaga tahun ini, menerima opini WTP sebanyak 79 dari sebelumnya hanya 73 penerima. Sedangkan untuk p

Pemda yang berhasil meraih WTP ada sebanyak 411 dari sebelumnya hanya berjumlah 374 Pemda.

Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi langsung menerima penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemkab Kuansing ini. Penghargaan diberikan langsung Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, sempena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di aula gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga membuka langsung Rakernas. Hadir para menteri/pimpinan lembaga, kepala daerah, Sekjen kementerian, aparat pengawasan intern pemerintah, akademisi dan pimpinan institusi terkait.

Berdasarkan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Rakernas diharapkan dapat membangun komitmen dan semangat bersama untuk terus meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Karena pengelolaan keuangan yang sehat akan mewujudkan Indonesia yang kuat, mandiri dan berdaya saing dalam mencapai tujuan bernegara.

Bupati Kuansing Mursini selepas menerima penghargaan WTP dari pemerintah pusat menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih ini merupakan hasil kerja keras semua pihak jajaran Pemkab Kuansing. Sehubungan hal itu dirinya berharap kepada seluruh jajaran Pemkab Kuansing agar dapat mempertahankan penghargaan pada tahun-tahun mendatang. (ISB)