serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Peringati HUT Ke-67 IBI, Bupati Harapkan Bidan Semakin Profesional Mengabdi

Bupati Kuansing diwakili Asisten II menyampaikan sejumlah harapan kepada IBI yang berulang tahun di Kuansing dan memotong nasi kuning. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Bupati Kuansing diwakili Asisten II menyampaikan sejumlah harapan kepada IBI yang berulang tahun di Kuansing dan memotong nasi kuning. (Foto: Hms Setda Kuansing)

Irwan S Benai

Ahad, 30 September 2018

Telukkuantan -- serantauriau.news -- Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Kabupaten Kuantan Singingi diperingati Sabtu (29/9/2018) kemarin di Aula SMKN 2 Tekukkuantan.

Hadir pada acara tersebut mewakili Bupati Kuansing Asisten II Setda Kuansing Wariman DW SP MSi, Ketua DWP Kuansing Indra Luswari SE MSi, Wakil Ketua I PD IBI Provinsi Riau Hj Dewani SKM, Kadis Kesehatan Kuansing Dr Reza Tjahyadi, Ketua PC IBI Kuansing Rosmanidar SST MKes.

Pada peringatan HUT ke-67 IBI tersebut, Bupati Kuansing dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten II Wariman berharap agar bidan sebagai garda terdepan pemberi pelayanan di bidang kesehatan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan ke depan tidak ada lagi kematian ibu dan bayi dalam persalinan serta mampu menciptakan balita yang tumbuh berkembang dengan baik sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa ke depannya.

Hal ini, kata bupati, sejalan dengan tema HUT IBI tahun ini yaitu "Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui Germas dan Pelayanan Berkualitas". Tema tersebut menggambarkan bahwa bidan memiliki tugas yang berat selain menjalankan tugas profesinya sebagai pemberi pelayan kesehatan terutama bagi ibu dan anak sekaligus harus meningkatkan pemberdayaan bagi perempuan dan keluarga serta memasyarakatkan gerakan masyarakat hidup sehat.

Karena beratnya tugas yang dibebankan terhadap bidan, untuk itu segala kendala yang dihadapi bidang dalam bertugas, IBI Kuansing harus mengadakan konsolidasi di dalam serta advokasi ke semua stakeholder terkait penguatan profesi dan menyiapkan anggota untuk meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di masyarakat dan bekerja secara profesiinal.

Sementara itu, Ketua PC IBI Kuansing Rosmanidar SST MKes menambahkan, dalam melaksanakan tugas di bidang kesehatan, IBI Kuansing mempuyai program unggulan yaitu "Bidan Delima". Di mana bidan delima ini adalah bidan terstandar dan berkualitas. 

Seiring berjalannya waktu bidan delima ini terus berkembang jumlah keanggotaanya. Dan sekarang telah berjumlah 24 orang.

"Bersempena HUT IBI ini akan dikukuhkan lagi sebanyak 13 orang," ujar Rosmanidar. Disebutkan, dibandingkan jumlah bidan yang ada di Kabupaten Kuansing berjumlah 742 jumlah bidan delima ini memang masih sangat sedikit. Tetapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya bidan mengikuti pelatihan, seminar, workshop dirinya optimis bidan-bidan di Kuansing akan tergabung bersama bidan delima yang mempuyai kualifikasi baik. (ISB)