serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

IWO Kuansing Pilihan Mahasiswa UNIKS Pelajari Jurnalistik Media Online

Puluhan Mahasiswa UNIKS yang tak merasa cukup belajar teori, mengunjungi Sekretariat IWO Kuansing untuk praktik lapangan, mengetahui persis kerja jurnalisme online. (Foto: Ist)

Puluhan Mahasiswa UNIKS yang tak merasa cukup belajar teori, mengunjungi Sekretariat IWO Kuansing untuk praktik lapangan, mengetahui persis kerja jurnalisme online. (Foto: Ist)

Irwan S Benai

Ahad, 04 November 2018

Telukkuantan - serantauriau.news - Puluhan pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) mengunjungi Kantor Ikatan Wartawan Online (IWO) di Sungaijering, TelukKuantan, Jumat (2/11/2018).

Mahasiswa berdialog langsung dengan Ketua IWO Kuansing, Hendra Riko Purnomo, Dewan Etik Hendra Wandi, Sekretaris Suandri, Bendahara Eki Maidedi, Bidang Pengkaderan Roder Alvaro, Bidang SDM Muh Untung dan pengurus inti lainnya.

"Kami  ingin belajar bagaimana sistem pengelolaan media massa. Karenanya kami mengajak teman-teman DPM berkunjung ke kantor IWO ini," kata Ketua DPM UNIKS Wimpi Saputra.

Menurut dia, saat ini media online menjadi media yang sangat digemari masyarakat. Selain mudah dan praktis untuk mengakses media jenis in,i masyarakat tidak perlu berlangganan secara khusus, cukup memiliki akses terhadap internet.

Karena itu, kata Wimpi, untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran, DPM tidak hanya menerapkan pembelajaran teori di ruang kelas tetapi juga turun ke lapangan untuk praktik mahasiswa. Termasuk juga terjun dan belajar langsung dengan praktisi di IWO Kuansing.

Ketua IWO Kuansing, Hendra Riko Purnomo mengatakan, IWO Kuansing yang baru berusia seumur jagung telah melakukan berbagai langkah guna meningkatkan fungsi dan peran jurnalis. Karenanya, kata pria yang akrab disapa Mas Hend, IWO selalu terbuka kepada siapapun yang ingin bersilaturahmi. 

"Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin kerja sama, terutama untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM)," tutur Mas Hend.

 

Sementara itu, Dewan Etik IWO Kuansing, Hendra Wandi mengatakan, membuat media terutama media online saat ini sangat mudah.

"Hanya saja membesarkan dan merawatnya yang susah, memerlukan komitmen dari orang-orang yang terlibat di dalamnya," kata dia.

Wartawan Haluan Riau grup ini menambahkan, di era digitalisasi memungkinkan siapapun bisa menjadi jurnalis. Dengan android di tangan, peristiwa apa saja bisa direkam dan divideokan.

"Tetapi untuk menjadi jurnalis yang handal, jurnalis yang profesional tentu ada aturan mainnya, ada standar yang harus diikuti dan dikuasai. Sehingga apa yang diberitakan bukan berita hoaks," katanya.

Dalam kunjungan singkat tersebut para mahasiswa mendapatkan pencerahan terkait bagaimana menjadi seorang jurnalis yang handal, bagaimana menulis berita yang baik, bagaimana menjadi reporter yang terampil.

Untuk membantu mahasiswa mencapai tingkat keterampilan jurnalistik yang lebih baik, IWO Kuansing menawarkan kerja sama. Teknisnya, para mahasiswa diizinkan mengirimkan berita dalam bentuk tulisan, ke Sekretariat IWO Kuansing.

"Nanti kami akan bantu untuk mengekspos hasil reportase adik-adik mahasiswa. Silakan bagi yang berminat, kami terbuka dan senang untuk bekerja sama," tutupnya. (RLS)