DPR Harus Komit Segera Selesaikan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.   ***  Lewati Proses Panjang Berliku, Akhirnya  Empat PAW Anggota DPRD Pekanbaru Dilantik.  ***  Tujuh Proyek Multi Years yang 2018 Batal, Jadi Kegiatan Reguler 2019. ***

 

 

Bupati Mursini ketika melantur jalur Desa Kutoarjo yang diberi nama Pendekar Sakti Rantau Kuantan, Senin malam. (Foto: Ist)

Bupati Mursini ketika melantur jalur Desa Kutoarjo yang diberi nama Pendekar Sakti Rantau Kuantan, Senin malam. (Foto: Ist)

Bupati Mursini Layur Jalur Pendekar Sakti Rantau Kuantan Desa Kotorajo



Irwan S Benai

Selasa, 06 November 2018

Kotorajo - serantauriau.news - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini MSi, Senin malam (5/11/2018) menghadiri acara melayur jalur di Desa Koto Rajo, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. 

Selain dihadiri orang nomor satu di Kabupaten Kuansing, hadir pula sejumlah OPD Lingkup Pemda Kuansing, Camat Kuantan Hilir Seberang, Kades dan BPD Se-Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, serta ninik mamak Kuantan Hilir Seberang.

Ratusan masyarakat Desa Koto Rajo terlihat sangat antusias karena sebentar lagi jalur baru mereka akan didiang oleh Bupati Mursini. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir Desa Kotorajo tidak memiliki jalur.

Dalam sambutannya, bupati mengingatkan masyarakat Desa Koto Rajo agar menjaga kekompakkan, persatuan dan kesatuan sehingga jalur bisa dipacukan dan meraih prestasi. "Jaga kekompakkan, selalu semangat dan terus berlatih agar bisa mengukir prestasi di setiap iven pacu jalur," ujar bupati.

Bupati juga mengajak masyarakat agar melestarikan tradisi pacu jalur ini. Melayur jalur merupakan prosesi yang harus dilakukan sebelum jalur dipacukan ke gelanggang. "Pacu jalur adalah tradisi kita, dan mari sama-sama kita mempertahankannya," kata bupati.

Dalam pembuatan jalur diakui  Bupati  Mursini, memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi  dengan kekompakkan seluruh warga masyarakat desa, jalur bisa dibuat oleh masyarakat. 

"Kekompakan ini hendaknya terus berlanjut sampai dengan iven pacu jalur nantinya sehingga bisa meraih prestasi yang baik. Kekompakan serupa hendaknya juga ditularkan kepada semua sektor yang ada di tataran masyarakat desa," saran Bupati Mursini.

Di acara pelayuran jalur Desa Kotorajo tadi malam Bupati Mursini sekaligus mengukuhkan pemberian nama terhadap jalur desa tersebut dengan nama Pendekar Sakti Rantau Kuantan. 

Pada acara pendiangan jalur Desa Kotorajo, Bupati Mursini sengaja tidak melakukan penggalangan dana. Akan tetapi Pemkab Kuansing tetap akan memberikan bantuan. 

"Apalagi dalam acara ini membutuhkan biaya makan dan minum, sewa tenda dan lain sebagainya. Karena itu kasihkan saja proposalnya kepada kami nanti akan kita bantu," ujar bupati meyakinkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Melayur Jalur Desa Kotorajo, Jasmadi menyampaikan atas nama masyarakat Desa Kotorajo memberikan apresiasi atas kedatangan Bupati Kuansing berserta rombongan.

"Kami sangat senang atas kehadiran Bapak Bupati yang berkenan menghadiri melayur jalur sekaligus memberikan nama jalur kami ini," ucapnya. (ISB)