Salam Tahniah, Selamat Merayakan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai daerah pemekaran baru, punya semangat dan harapan baru untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat tempatan menjadi negeri yang cemerlang dan terbilang. Insyaallah.***

Qing Dao Berminat Tanam Investasi di Kawasan Industri Tenayan Raya

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi foto bersama rombongan Pemerintah Kota Qing Dao usai penandatanganan perjanjian Sister City pada acara Gala Dinner di Hotel Novotel. (Pekanbaru.Go.Id)

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi foto bersama rombongan Pemerintah Kota Qing Dao usai penandatanganan perjanjian Sister City pada acara Gala Dinner di Hotel Novotel. (Pekanbaru.Go.Id)

Serantau Riau

Kamis, 29 November 2018

 

Pekanbaru - serantauriau.news - Pemerintah Kota Qing Dao berminat menanamkan investasinya di kawasan Industri Tenayan Raya, Pekanbaru. Qing Dao sendiri adalah salah satu kota terbesar yang berada di Provinsi Shandong, letaknya di pesisir timur daratan Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekanbaru, Ahmad, Rabu (28/11/2018). Ia mengatakan hal tersebut diketahui saat rombongan dari Pemko Qing Dao dan beberapa pengusaha dari negeri Tirai Bambu tersebut datang ke Pekanbaru, Selasa (27/11/2018).

"Tentu kita sangat menyambut baik kedatangan Pemko Qing Dao Shandong China dan beberapa pengusaha dari negeri China ke Pekanbaru. Mereka datang Selasa (27/11/2018) dan kita jemput langsung ke Bandara SSK II dan kita sambut dengan tarian daerah. Untuk kemudian kita bawa mereka ke Command Center Kantor Diskominfo Pekanbaru," ujar Ahmad, Rabu (28/11/2018).

Disampaikan Ahmad, di Command Center, Pemko Pekanbaru memberikan gambaran investasi yang ada di Pekanbaru. Mulai dari Kawasan Industri Tenayan, kemudian terkait PDAM yang saat ini sedang proses kerjas ama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) serta kita tawarkan juga danau khayangan yang bisa dikembangkan sebagai wisata.

"Alhamdulillah mereka menyambut baik. Dan nampaknya mereka sangat tertarik untuk melihat kawasan Industri Tenayan. Pasalnya mereka kemarin itu sudah dibawa langsung ke Kawasan Industri Tenayan dan ternyata pagi tadi rombongan yang khusus investor dari Qing Dao ingin melihat lagi kawasan industri tersebut. Karena mereka mungkin ingin melihat dan meninjau lebih detail terkait kawasan industri tersebut," ungkapnya.

Ke depan pihaknya masih akan terus berkomunikasi dan terus memantau apa perkembangan selanjutnya. "Ke depan kita masih belum tau kita yang mau ke Qing Dao lagi atau mereka yang ke sini lagi untuk kelanjutannya. Karena tentunya setelah ada kunjungan ini mereka akan melakukan analisis. Kalau mereka tertarik pasti akan diperdalam lagi," jelasnya.

Ahmad menambahkan, selain berdiskusi tentang investasi yang ada di Pekanbaru, Pemko Pekanbaru dan Pemko Qing Dao Shandong China melakukan tandatangan Sister City atau kota kembar.

"Tadi malam saat gala dinner kita melakukan tandatangan perjanjian Sister City untuk kota persahabatan yang intinya itu masih sekedar payung saja, belum dibahas detailnya seperti apa," pungkasnya. (Kominfo3/RD1)