Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Ada 6 "Jasa" Jokowi Dinilai LAMR Hingga Ditabalkan Gelar Adat

Syahril mengatakan, gelar adat yang diberikan terkait berbagai peran Presiden Jokowi secara langsung terhadap masyarakat Riau. (Foto: Andri Satria)

Syahril mengatakan, gelar adat yang diberikan terkait berbagai peran Presiden Jokowi secara langsung terhadap masyarakat Riau. (Foto: Andri Satria)

Andri Satria

Ahad, 16 Desember 2018

Pekanbaru - serantauriau.news - Polemik pemberian gelar adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kepada Presiden Joko Widodo ditanggapi dengan penjelasan yang detail dari pimpinan LAMR.

Sebelumnya banyak warga Riau mempertanyakan pemberian gelar adat ini. Setidaknya, ada enam alasan di balik penganugerahan gelar itu. Demikian dipaparkan Ketua Harian LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

Syahril mengatakan, gelar adat yang diberikan terkait berbagai peran Presiden Jokowi secara langsung terhadap masyarakat Riau.

"Pertama, penanggulangan kebakaran hutan dan bencana asap yang kerap melanda daerah Riau setiap tahun. Atas kebijakan presiden, sudah beberapa tahun belakangan asap tidak datang lagi ke Riau," sebut Syahril, Sabtu petang (15/12/2018).

Kedua, terkait reforma agraria yang membuka peluang masyarakat adat Melayu memiliki pengakuan hukum atas tanahnya. Lalu ketiga, peran presiden dalam evaluasi dan peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit yang menjadi mata pencaharian banyak masyarakat Riau. 

Selanjutnya, keempat, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, ladang minyak Blok Rokan yang hampir seabad dikelola oleh perusahaan asing, dinasionalisasi untuk dikelola oleh Pertamina.

Kelima, masyarakat adat Riau mengapresiasi pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol di Riau. Kemudian keenam, rencana mewujudkan embarkasi untuk calon jemaah haji Riau di Kota Pekanbaru.

"Alasan-alasan itulah yang membuat LAMR memberikan gelar adat pada Presiden Jokowi," jelasnya. 

Datuk Seri Setia Amanah Negara, begitu gelar untuk Presiden Joko Widodo dari Lembaga Adat Melayu Riau, telah ditabalkan, Sabtu (15/12/2018) di sekretariat LAMR. Jokowi hadir ditemani istri, Iriana, saat menerima gelar adat. (FB/ANS)