Selamat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah./ 24 Mei 2020 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan dan kembali kepada insan yang fitri, hasil tempaan bulan suci Ramadan. Minal Aidin Walfaizin, Maaf Lahir dan Batin.***

Bupati Yopi Instruksikan Sambut Pergantian Tahun Dengan Zikir, Dilarang Gelar Hiburan

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE keluarkan instruksi tentang pergantian tahun baru Masehi di daerah itu. Kepada masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah serta kepala desa se-Kabupaten Inhu. (Foto: IG Yopirianto70)

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE keluarkan instruksi tentang pergantian tahun baru Masehi di daerah itu. Kepada masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah serta kepala desa se-Kabupaten Inhu. (Foto: IG Yopirianto70)

Edi Kasturi

Kamis, 27 Desember 2018

Rengat - serantauriau.news - Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indragiri Hilu (Inhu) Drs H Abdul Karim MPd menyambut baik langkah yang dilakukan Pemerintahan Daerah. 

Di mana pada pergantian tahun baru Masehi digelar zikir dan doa bersama di halaman Kantor Bupati Inhu pada tanggal 31 Desember mendatang. Dan dilarang menggelar panggung hiburan.

Mantapnya lagi, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE keluarkan instruksi tentang pergantian tahun baru Masehi di daerah itu. Instruksi tersebut sampaikan kepada masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah serta kepala desa se-Kabupaten Inhu.

"Saya apresiasi dengan instruksi yang dikeluarkan Bupati Inhu,” ujar Kakan Kemenag Inhu Drs H Abdul Karim MPd, Kamis  (27/12/2019).

Menghadapi pergantian tahun baru Masehi juga telah disepakati melaksanakan zikir bersama di halaman Kantor Bupati Inhu pada 31 Desember 2018 pukul 20.00 Wib melalui rapat bersama. Bahkan pelaksanaan zikir yang akan diikuti semua ASN di lingkungan Pemkab Inhu dan Kemenag Inhu, baru akan bubar setelah pukul 00.00 Wib.

Dalam rapat bersama tersebut, juga disepakati pelaksanaan zikir bersama di tingkat kecamatan. “Camat dan Kepala KUA diminta juga melaksanakan zikir bersama dengan masyarakat dihalaman masing-masing kantor camat,” sebutnya.

Dalam instruksi nomor 77/UM/XII/2018 tertanggal 27 Desember 2019 terdapat sebanyak lima poin penekanan. Instruksi tersebut ditandatangani langsumg oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto SE. 

Di antara instruksi itu yakni pergantian tahun baru masehi dijadikan sebagai momentum untuk instopeksi diri atau evaluasi terhadap kekurangan masa lalu untuk dapat diperbaiki di masa yang akan datang. Selanjutnya, tidak merayakan malam tahun baru, baik berupa hiburan maupun menyalakan kemang api dan petasan serta peniupan terompet.

Kemudian kepada seluruh pemilik dan pengelola tempat hiburan agar tidak mempertunjukkan atau mempertontonkan yang tidak sesuai kaidah moral dan agama serta paling lambat pukul 01.00 WIB sudah tutup. Begitu juga kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, pengurus masjid dam musallah dan Orams Islam supaya mengajak masyarakat dan generasi muda untuk beribadah, zikir dan berdoa di lingkungan masing-masing.

Begitu juga dalam instruksi tersebut kepada orangtua agar tidak membiarkan anak-anaknya turun kejalan dan tempat-tempat hiburan yang dapat menggangu keamanan, ketentraman dan ketertiban baik bagi diri sendiri maupun orang lain.(EDI)