Selamat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah./ 24 Mei 2020 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan dan kembali kepada insan yang fitri, hasil tempaan bulan suci Ramadan. Minal Aidin Walfaizin, Maaf Lahir dan Batin.***

Dilarang Tiup Terompet dan Bakar Kembang Api Malam Tahun Baru

Bupati Inhu Yopi Arianto SE melarang warganya untuk hura-hura, dengan membakar kembang api atau petasan, tiup terompet dan menggelar hiburan di malam pergantian tahun nanti. (Foto: Ist)

Bupati Inhu Yopi Arianto SE melarang warganya untuk hura-hura, dengan membakar kembang api atau petasan, tiup terompet dan menggelar hiburan di malam pergantian tahun nanti. (Foto: Ist)

Serantau Riau

Kamis, 27 Desember 2018

Rengat - serantauriau.news - Malam pergantian tahun baru 2019 tinggal 4 hari lagi. Biasanya malam tersebut menjadi malam hura-hura bagi sebagian warga, terutama anak muda.

Namun, Bupati Inhu Yopi Arianto SE melarang warganya untuk hura-hura, dengan membakar kembang api atau petasan, tiup terompet dan menggelar hiburan di malam tahun baru nanti. 

Imbauan itu disampaikan Bupati Inhu dalam Surat Instruksi Nomor 779/UM/XII/2018 dan diedarkan pada Kamis (27/12/2018). Bupati menginstruksikan pada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh camat, lurah seluruh Inhu agar menyampaikan kepada jajaran dan masyarakat.

Kepada orangtua, bupati juga berpesan agar tidak membiarkan anak-anaknya turun ke jalan serta tempat-tempat hiburan, yang dapat mengganggu keamanan, ketenteraman dan ketertiban.

Tak hanya itu, tempat-tempat hiburan dilarang keras mempertunjukkan atau mempertontonkan hiburan yang tak sesuai kaidah moral dan agama. Paling lambat pukul 01.00 WIB, tempat hiburan di Inhu harus sudah ditutup di malam tahun baru nanti.

Lebih lanjut, dalam instruksi bupati, masyarakat disarankan lebih baik memperbanyak ibadah, seperti berzikir serta berdoa bersama. Tokoh agama maupun tokoh masyarakat, pengurus masjid/musala dan Ormas Islam diimbau mengajak masyarakat, terutama beribadah, berzikir serta berdoa di lingkungan masing-masing, menjelang malam pergantian tahun. 

"Hendaknya pergantian tahun baru Masehi kita jadikan momentum introspeksi diri atau evaluasi kekurangan masa lalu. Hingga dapat diperbaiki di masa yang akan datang," saran bupati. (FB)