Media Online serantauriau.news mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita kembali kepada fitrah yang dirahmati dan diampuni dosa-dosanya, dilipatgandakan pahalanya, dan menjadi insan yang taqwa.***

Pertamina Dumai Latih UMKM Olah Limbah Buah dan Tanaman Jadi Produk Ekonomis

Unit Manager Communication & CSR, Muslim Dharmawan mengungkapkan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan yang ada di Kota Dumai, khususnya dari kalangan perempuan. (Foto: Potretnews)

Unit Manager Communication & CSR, Muslim Dharmawan mengungkapkan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan yang ada di Kota Dumai, khususnya dari kalangan perempuan. (Foto: Potretnews)

Serantau Riau

Rabu, 02 Januari 2019

Dumai - serantauriau.news - Pertamina RU II Dumai kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan UMKM yang ada di Kota Dumai melalui program CSR pada pilar pemberdayaan ekonomi. 

Hal tersebut terlihat pada kegiatan pelatihan pembuatan produk sabun cair dan produk makanan keripik yang diikuti 25 perempuan pada Senin (31/12/2018) di Workshop Adelis, Kelurahan Jaya Mukti, Kota Dumai.

Unit Manager Communication & CSR, Muslim Dharmawan mengungkapkan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat rentan yang ada di Kota Dumai, khususnya dari kalangan perempuan.

“Kami berharap pelatihan ini bisa menjadi modal besar untuk kelompok mengembangkan usahanya sehingga jadi tambahan pemasukan untuk kelompok dan dapat menambah membantu perekonomian penjualan produk sabun cair dan keripik,” ujar Muslim.

Selain itu, Ia menjelaskan produk yang dibuat diolah dari limbah tanaman dan buah-buaha seperti daun lidah buaya dan jeruk perut, serta biji buah durian, sehingga lebih ramah lingkungan.

 “Kami yakin produk dari kelompok UMKM Adelis nantinya bisa dikenal di pasaran, tidak hanya berkualitas tapi juga alami dan ramah lingkungan karena membantu pemanfaatan limbah,” terang Muslim.

Ketua Kelompok Adelis, Nofliyarni menyampaikan anggotanya menyambut antusias bantuan yang diberikan kepada kelompoknya.

“Berkat pelatihan ini, kami yakin bisa meraih keuntungan yang lebih besar karena memanfaatkan limbah durian yang mana ada banyak sekali buah durian di Kota Dumai,” ungkap Nofliyarni.

Muslim menambahkan, pihaknya akan mendampingi kelompok hingga mendapatkan izin dan sertifikasi hingga akses pemasaran yang luas.

“Kami akan mendorong kelompok untuk memiliki izin juga pemasaran seperti sertifikasi halal, sertifikasi PIRT, pameran UMKM dan sebagainya,” tutup Muslim. (RLS)