Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Pertama di Indonesia, Kabupaten Siak Adopsi Program PINTAR Tanoto Foundation

Pelatihan bersama Tanoto Foundation di Kecamatan Kandis dibuka Kadisdikbud Siak, Kamis (3/1/2019), di mana Kecamatan Kandis merupakan Kecamatan pertama yang mendapatkan kesempatan. (Foto: MC Kab Siak)

Pelatihan bersama Tanoto Foundation di Kecamatan Kandis dibuka Kadisdikbud Siak, Kamis (3/1/2019), di mana Kecamatan Kandis merupakan Kecamatan pertama yang mendapatkan kesempatan. (Foto: MC Kab Siak)

Serantau Riau

Senin, 07 Januari 2019

Siaksriindrapura - serantauriau.news - Kabupaten Siak Adopsi Program PINTAR Tanoto Foundation, yaitu pembelajaran di kelas yang lebih aktif, para siswa belajar berkelompok serta guru tidak lagi berceramah dalam pembelajaran. 

Termasuk kegiatan budaya baca yang sudah menjadi rutinitas dan kepemimpinan kepala sekolah yang mampu mengelola sekolah dengan baik dan terencana merupakan sederet perubahan yang terjadi sejak adanya kemitraan antara Tanoto Foundation dengan pemerintah Kabupaten Siak dalam Program PINTAR Tanoto Foundation yang pertama di Indonesia, dimulai sejak Agustus 2018 lalu.

Rangkaian kegiatan kerja sama ini dimulai dari kegiatan pemilihan calon Fasilitator Daerah. Pelatihan untuk Fasilitator Daerah yang sudah terpilih sampai dengan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Siak.

Dari data jumlah pelatihan yang sudah dilaksanakan bersama Tanoto Foundation sampai akhir tahun 2018 di sekolah-sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation Kabupaten Siak. 

Ada 3 kegiatan pelatihan besar yang telah dilaksanakan, pertama Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah telah melatih 28 Kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTs serta 4 pengawas sekolah SD/MI. Kedua, Pelatihan Pembelajaran SD/MI telah melatih 189 guru, 19 Kepala sekolah, 2 Pengawas di 24 sekolah SD/MI. Dan ketiga, Pelatihan Pembelajaran SMP/MTs telah melatih 112 guru, 8 kepala sekolah, 4 pengawas di 8 sekolah SMP/MTs . 

Di samping itu juga telah dilatih 10 orang Fasilitator Daerah untuk SD/Mi dan 10 orang Fasilitator Daerah untuk SMP/MTs.

Menyingkap hasil positif yang sudah diraih ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak telah berkoordinasi dengan pihak Tanoto Foundation untuk menyebarluaskan (Adopsi) Program PINTAR Tanoto Foundation ke Kecamatan lainnya yang belum menerima Program PINTAR Tanoto Foundation. 

Implementasi pelatihan dilakukan dengan pembiayaan secara mandiri melalui anggaran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dengan subjek peningkatan mutu pendidik.

Hal ini terungkap dari pelaksanaan pelatihan bersama Tanoto Foundation di Kecamatan Kandis yang dilaksanakan pada Kamis (3/1/2019), di mana Kecamatan Kandis merupakan Kecamatan pertama yang mendapatkan kesempatan. 

Pelatihan ini diberikan kepada semua kepala sekolah tingkat dasar (SD/MI dan SMP/MTs) se-Kecamatan Kandis yang berjumlah 55 kepala sekolah serta 6 orang pengawas yang dilaksanakan pada 3-4 Januari 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Drs H Lukman MPd pada pembukaan kegiatan ini mengatakan, Kabupaten Siak mengucapkan ribuan terima kasih kepada Tanoto Foundation yang telah membantu Kabupaten Siak dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten ini. 

Kadisdikbud berharap kegiatan penyebarluasan program PINTAR ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga Kecamatan Kandis mampu menjalankan hasil dari pelatihan yang dilaksanakan hari ini dengan sukses.

Dendi Satria Buana selaku Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Riau yang juga hadir pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa Tanoto Foudation adalah organisasi filantropi independen yang fokus pada pendidikan. 

Organisasi ini ingin meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui peningkatan kualitas guru, calon guru dan kepala sekolah. Banyak capaian yang sudah dilakukan bersama-sama stakeholder pendidikan di Kabupaten Siak. 

Kabupaten Siak, kata dia, merupakan Kabupaten pertama yang mengadopsi Program PINTAR se-Indonesia. "Kita turut berbangga dengan capaian dan respons dari Pemerintah Kabupaten Siak," ungkapnya seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Siak.

Pemerintah Kabupaten Siak telah bekerja sama dengan Tanoto Foundation dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui pelatihan guru, kepala sekolah dan komite sekolah. Bentuk kerja sama yang dilakukan adalah penyediaan sumber daya manusia untuk dilatih, penyediaan modul pelatihan dan advokasi perencanaan alokasi dana pendidikan secara terstruktur, efektif dan efisien.

Jumlah sekolah mitra Program PINTAR di Kabupaten Siak baik SD/MI dan SMP/MTs adalah 28 sekolah. Sekolah-sekolah ini akan menjadi model di mana praktik-praktik terbaik dari pelatihan yang didapatkan dari Tanoto Foundation. Sekolah-sekolah ini tersebar di daerah perkotaan dan daerah di luar perkotaan sehingga bisa menjadi tempat belajar bagi sekolah-sekolah lain.

Hal ini sesuai dengan misi Program PINTAR yaitu mewujudkan kegiatan belajar-mengajar yang fokus pada pemenuhan kebutuhan siswa dan meningkatkan budaya baca di sekolah akan berdampak positif pada proses belajar-mengajar secara keseluruhan. 

Diungkapkan, pada tahun 2018, Tanoto Foundation telah bekerja di 14 kabupaten yang tersebar di 5 (Lima) Provinsi di Indonesia yaitu Provinsi Sumatra Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah. (MC Kab Siak)