Salam Tahniah, Selamat Merayakan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai daerah pemekaran baru, punya semangat dan harapan baru untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat tempatan menjadi negeri yang cemerlang dan terbilang. Insyaallah.***

Agar Produk UMKM Tak Kalah Saing, Perlu Inovasi, Terkemas Baik dan Punya Strategi Pemasaran

Ahmad Hijaz8, Sekdaprov Riau. (Foto: MCR)

Ahmad Hijaz8, Sekdaprov Riau. (Foto: MCR)

Serantau Riau

Selasa, 08 Januari 2019

Pekanbaru - Pengembangan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Riau memiliki potensi untuk dikembangkan. Hal ini terlihat dengan variasi dan keunikan produk UMKM yang diproduksi dan di pasarkan ke publik.

Hanya saja, untuk dapat mengeksploitasi potensi tersebut secara positif, produk UMKM harus melakukan inovasi agar dapat bersaing di pasar. Mulai dari produksi, pengemasan dan pemasarannya.

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi menilai, pengembangan potensi UMKM masih sangat menjanjikan. Dengan kurangnya inovasi, produk UMKM akan kalah bersaing karena produksinya tidak didukung kemasan yang baik.

“Makanya perlu pengembangan dan inovasi. Poin penting yang diperlukan adalah upaya peningkatan produksi, peningkatan kualitas pengemasan dan strategi pemasaran,” paparnya.

Bahkan, bukan tidak mungkin ke depan akan dikembangkan wadah atau rumah packaging yang bisa berfungsi tidak hanya membantu pelaku UMKM bagaimana mengemas produk olahan mereka menjadi menarik dengan nilai jual yang baik. Serta dapat berperan positif salam mengembangkan keterampilan dan inovasi pelaku UMKM di negeri ini.

Dalam mewujudkan hal tersebut Pemerintah Provinsi Riau melalui instansi terkait tentunya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Baik dengan alokasi dana untuk pengembangan potensi UMKM hinhga usulan untuk mempermudah standar operasional prosedur pengurusan inovasi dan pengembangan produk UMKM daerah.(MCR/mz