Media Online serantauriau.news mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Minal Aidin Walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita kembali kepada fitrah yang dirahmati dan diampuni dosa-dosanya, dilipatgandakan pahalanya, dan menjadi insan yang taqwa.***

Tari Zapin Melayu Riau Meriahkan Festival Janadriyah di Arab Saudi

Unjuk kebolehan para penari anak Melayu di bawah naungan Sanggar Tengkah Zapin Riau, sebagai perwakilan Indonesia menjadi salah satu pengisi acara pada .Festival Janadriyah di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Ist)

Unjuk kebolehan para penari anak Melayu di bawah naungan Sanggar Tengkah Zapin Riau, sebagai perwakilan Indonesia menjadi salah satu pengisi acara pada .Festival Janadriyah di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Ist)

Serantau Riau

Selasa, 08 Januari 2019

Pekanbaru - serantauriau.news - Tari Zapin Riau meriahkan Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi. Unjuk kebolehan para penari anak-anak Melayu ini berada di bawah naungan Sanggar Tengkah Zapin Riau, sebagai perwakilan Indonesia menjadi salah satu pengisi acara pada Festival tersebut.

"Kita patut berbangga. Karena Tari Zapin dapat tampil pada Festival Janadriyah di Riyadh Arab Saudi," kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zen, Senin (7/1/2019).

Yoserizal mengatakan, Indonesia telah menunggu belasan tahun untuk menjadi tamu kehormatan pada Festival Janadriyah di Riyadh, Arab Saudi. Festival Janadriyah yang ke-33 ini memiliki tema sentral festival perdamaian dunia.

"Acaranya berlangsung selama tiga pekamn, dari 20 Desember 2018 sampai dengan 9 Januari 2019. Ini merupakan momentum yang sangat langka untuk mempromosikan keberagaman seni dan budaya Indonesia, khususnya Riau," ujar Yose.

Menurut Kadisbud, keikutsertaan Indonesia dalam festival tahunan ini bertujuan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Pada acara festival kebudayaan terbesar di Arab Saudi ini, Indonesia menampilkan berbagai kesenian nusantara, seperti Tari Zapin dari Riau, Tari Saman Keucapi dari Aceh dan Tari Jaranan dari Jawa Timur. (MCR/mtr)