Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Dilayur, Jalur Baru Dusun Hulu Desa Banjar Benai

Asisten I Setda Kuansing Muhjelan Arwan SH MH ketika mewakili Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi, pada kegiatan melantur jalur baru, di Banjar Benai. (Foto: Irwan S Benai)

Asisten I Setda Kuansing Muhjelan Arwan SH MH ketika mewakili Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi, pada kegiatan melantur jalur baru, di Banjar Benai. (Foto: Irwan S Benai)

Irwan S Benai

Rabu, 16 Januari 2019

Benai - serantauriau.news - Jalur baru Dusun Hulu Desa Banjar Baru Benai, resmi dilayur (didiang) pada Selasa malam (15/1/2019) oleh Asisten I Setda Kuansing Muhjelan Arwan SH MH yang mewakili Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi.

Bupati Kuansing Mursini pada pada kesempatan tersebut berhalangan hadir karena di waktu yang bersamaan dirinya juga sedang ada kegiatan di Pekanbaru.

"Seyogyanya Pak Sekda yang mewakili Pak Bupati namun karena orangtua Pak Sekda sedang sakit di Pekanbaru. Beliau pun tidak bisa hadir dan saya diminta mewakili pada acara kita ini. Dan Pak Bupati menyampaikan salam kepada masyarakat Banjar Benai," ujar Muhjelan Arwan mengawali sambutannya.

Selain menghadiri acara pendiangan jalur, Asisten I Muhjelan Arwan juga diminta untuk menyampaikan kepada masyarakat nama jalur Banjar Baru Benai yaitu 9 Ratu Rimbo Dusun.  Dalam amanahnya Muhjelan menyampaikan pesan Bupati Mursini yakni meminta masyarakat Banjar Benai bisa menjadikan jalur baru mereka berprestasi nantinya. 

"Caranya jaga kekompakan di seluruh lapisan masyarakat. Begitu juga latihan baik teknik maupun fisik anak pacu harus terus dilakukan," kata Muhjelan menyampaikan pesan Bupati Mursini.

Di samping itu, lanjut Muhjelan, Pemerintah Kabupaten Kuansing juga berterima kasih kepada masyarakat Banjar Benai karena telah ikut serta melestarikan budaya pacu jalur. 

"Seperti kita ketahui bersama bahwa pacu jalur ini adalah budaya Kuansing. Dengan didiangnya jalur ini berarti bertambahkan lagi jumlah jalur di daerah kita. Dengan sendirinya berarti masyarakat Banjar Benai telah ikut serta melestarikan budaya pacu jalur itu sendiri," terang Muhjelan.

Di akhir acara sebelum penyulutan api perdana, Asisten I Muhjelan melakukan penggalangan dana. Ikut berpartisipasi memberikan sumbangan untuk jalur baru Banjar Benai tersebut Bupati Mursini Rp 5 juta, Waka I Sardiyono AMd Rp 5 juta, dari para kepala OPD Rp 5 juta, dana dari donatur lainnya yang jumlahnnya mencapai jutaan rupiah.

Hadir pada acara mendiangan jalur baru Banjar Benai Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiyono AMd. Kepala OPD, Camat Benai Masnurjuddin, Upika Benai, kepala desa se Kecamatan Benai, kepala UPTD se Kecamatan Benai dan ratusan masyakat Banjar Benai. (ISB)