Salam Tahniah Sempena Hari Jadi Ke-63 Provinsi Riau, 9 Agustus 1957 - 9 Agustus 2020, semoga semakin cemerlang, gemilang dan terbilang. Dirgahayu Provinsi Riau. ***

Terekam CCTv dan Viral di Medsos, Pencuri Kotak Infak Masjid Kampar-Pekanbaru Diringkus

Terungkap bahwa mereka juga melakukan pencurian kotak infaq di Masjid Nurul Iman Pasar Kampar. Juga di beberapa masjid lainnya di wilayah Kota Pekanbaru. (Foto: Dok Hms Polres Kampar)

Terungkap bahwa mereka juga melakukan pencurian kotak infaq di Masjid Nurul Iman Pasar Kampar. Juga di beberapa masjid lainnya di wilayah Kota Pekanbaru. (Foto: Dok Hms Polres Kampar)

Khairunnisa

Selasa, 29 Januari 2019

Bangkinang - serantauriau.news - Spesialis pencuri kotak infaq masjid yang terekam CCTv dan sempat viral di media sosial, diamankan polisi, Selasa dinihari (29/1/2019).

Pelaku AS, ditangkap di wilayah Kota Bangkinang. AS yang merupakan warga Kecamatan Bangkinang Kota, beraksi bersama seorang rekannya, yang kini telah ditetapkan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

AS dan temannya itu membobol kotak infaq Masjid Al Falah Kelurahan Airtiris, Ahad dinihari (27/1/2019).

Terungkapnya peristiwa ini berawal pada pagi hari, pukul 06.00 WIB, saat itu Ustad Yusmardi baru selesai memberikan ceramah usai Salat Subuh di Masjid Al Falah. Kemudian datang Julfan Edi selaku bendahara masjid memberitahukan bahwa kotak infaq masjid telah dibobol pencuri. Uang yang di dalamnya sudah tidak ada.

Mereka mencek kotak infak tersebut dan mendapati gemboknya dalam keadaan rusak. Uang di dalamnya lesap.

Ustad Yusmardi bersama pengurus masjid lainnya mencek CCTv masjid. Terlihat 2 pria yang tidak dikenal masuk ke dalam masjid, lalu merusak gembok kotak infaq. Mereka lalu kabur bawa lari uang infaq tersebut.

Diperkirakan uang infaq yang dicuri Rp300 ribu.

Pengurus masjid lalu melaporkan peristiwa pencurian tersebut ke Polsek Kampar.

Kapolsek Kampar AKP Hendrizal Ghani SH kemudian memerintahkan Unit Reskrim Polsek untuk melakukan penyelidikan. 

Kanit Reskrim mengambil salinan rekaman CCTv dan melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang terekam. Didapat informasi bahwa kedua pelaku bukanlah warga Air Tiris. Diduga mereka adalah warga Kecamatan Bangkinang Kota.

Selanjutnya pada Selasa dinihari (29/1/2019) pukul 01.00 WIB, Tim Opsnal Polsek Kampar berhasil menangkap salah satu pelaku di Bangkinang. Seorang lainnya berhasil melarikan diri. Namun identitasnya sudah dikantongi petugas.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui Kapolsek Kampar AKP Hendrizal Ghani SH, saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan pelaku pencurian kotak infaq. "Tersangka dan barang bukti telah ditahan di Mapolsek Kampar," terangnya. 

Ditambahkan Kapolsek bahwa dari hasil interogasi terhadap pelaku yang ditangkap, terungkap bahwa mereka juga melakukan pencurian kotak infaq di Masjid Nurul Iman Pasar Kampar. Juga di beberapa masjid lainnya di wilayah Kota Pekanbaru. (NSA)