serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Tasmiil Quran, Bupati Kuansing Harapkan Semakin Banyak Generasi Qurani

Bupati Kuansing Mursini pada acara Tasmiil Quran VI Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi, Sabtu (2/2/2019). (Foto: Hms Pemkab)

Bupati Kuansing Mursini pada acara Tasmiil Quran VI Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi, Sabtu (2/2/2019). (Foto: Hms Pemkab)

Irwan S Benai

Sabtu, 02 Februari 2019

Telukkuantan - serantauriau.news - Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi menyampaikan bahwa setiap penyelenggaraan kegiatan tasmiil quran merupakan kegiatan yang dapat memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam kita suci Alquran.

Karena itu dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi penambah wawasan serta penghayatan, hafalan dan cinta bagi yang melaksanakannya maupun yang mendengarkannya.

Bupati Kuansing Mursini menyampaikan hal itu pada acara Tasmiil Quran VI Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi, Sabtu (2/2/2019).

Bupati sangat mendukung Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan menyelenggarakan kegiatan tasmiil quran ini karena tujuannya ingin memberikan kesempatan kepada anak didik untuk menghafal, dan memahami isi dari kandungan Alquran. 

Karena itu, Mursini menyarankan harus dilaksanakan agar semakin banyak generasi muslim di Kuansing yang hafal dan memahami isi kandungan Alq'uran. Sehingga generasi qurani juga semakin banyak di daerah ini.

"Saya menghimbau kepada seluruh santri-santriyah yang mengikuti tasmiil quran agar selalu memiliki niat yang ikhlas dalam meningkatkan syiar kitab suci Alquran dan semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan tasmiil quran di pondok pasantren KH Ahmad Dahlan ini dapat menjadi amal saleh bagi kita semuanya," ujar Mursini.

Pimpinan Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Mulkan Sarin Lc MA menabahkan, program tasmiil quran merupakan salah satu program pembelajaran unggulan dimiliki Pondok Pasantren yang dipimpinnya. 

Saat ini, kata dia, sudah ada lebih dari 90 santri dan santriyah yang sudah hafal antara juz 1 sampai dengan juz 30. "Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi santri dan santriyah yang hafal Alquran," harapnya.

Dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi, semuanya itu tidak terlepas dari kelengkapan fasilitas belajar-mengajar yang harus dimiliki. Saat ini, ada beberapa bagian ruangan di sekolah tersebut yang harus direnovasi karena sudah over kapasitas. Misalnya, masjid dan ruang belajar.

"Kami mengharapkan bantuan dari bapak dan ibu semua agar dapat membantu kami secara bersama-sama membenahi kekurangan fasilitas belajar yang ada di pondok pasantren ini," harap Mulkan seraya mengucapkan terima kasih atas seluruh sumbangan yang diberikan.

Atas harapan yang disampaikan Mulkan Sarin, Bupati Kuansing Mursini mengajak seluruh undangan yang hadir pada acara Tasmiil Quran VI Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi sama-sama memberikan sumbangan yang dimulai dari dirinya yakni sebesar Rp 15 juta, diikuti Wakil Ketua I DPRD Sardiyono, A.Md Rp 5 juta, isteri Bupati Mursini yakni Dra Emi Safitri juga turut menyumbang Rp 5 juta, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kuansing DR Agusmandar Rp 2 juta, diikuti oleh undangan lainnya dengan jumlah yang bervariasi.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kuansing Drs Jisman MA, Ketua MUI Kuansing Drs Sarpeli MAg, para tokoh Muhammadiyah Kuansing para orangtua santri dan santriyah Pondok Pasantren KH Ahmad Dahlan Kuansing. (ISB)