Pimpinan dan  Pengelola Redaksi serantauriau.news, Media Online yang Aktual, Tajam dan Mengakomodir aspirasi masyarakat Riau mengucapkan tahniah Hari Pers Nasional (HPN) Ke-73 Tahun 2019 di Surabaya. Semoga kebebasan pers, kemerdekaan berpendapat dan denokrasi di Bumi Pertiwi ini semakin terjamin. Aamiin Yra.***

Kepala BPN Rohil HM Rocky Soenoko memulai penanaman padi jenis legowo, agar lahan kembali produktif dan bernilai ekonomis di tengah masyarakat. (Foto: Wildani)

Kepala BPN Rohil HM Rocky Soenoko memulai penanaman padi jenis legowo, agar lahan kembali produktif dan bernilai ekonomis di tengah masyarakat. (Foto: Wildani)

Produktifkan Lahan Sekitar Kantor BPN Rohil, Hasilnya Bagi Masyarakat Miskin



Wildani

Ahad, 03 Februari 2019

Bagansiapiapi - serantauriau.news - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hilir lakukan terobosan baru, memanfaatkan lahan  produktif yang ada di sekitar perkantoran untuk ditanami padi. Nanti hasil panennya diberikan kepada fakir miskin dan panti asuhan.

Lahan seluas 1.5 Ha, yang ada di sekitar perkantoran BPN Rokan Hilir ditanami padi jenis Legowo, hanya dalam waktu empat bulan sudah bisa dipanen. 

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hilir HM Rocky Soenoko mengatakan, penanaman padi jenis legowo ini merupakan tanaman perdana, agar lahan kembali produktif dan bernilai ekonomis di tengah masyarakat.

"Bibit padi jenis legowo merupakan bantuan Dinas Pertanian Rokan Hilir, tentunya hal ini meminta izin dengan Bupati selaku kepala daerah, guna memberdayakan lahan areal perkantoran yang selama ini dilihat tidak produktif", kata Rocky Soenoko, Jumat (1/2/2019).

Ia mengatakan, hasil panen padi nantinya, hanya semata-mata dipergunakan untuk kepentingan kemaslahatan umat, khususya panen padi akan diberikan kepada pakir miskin, panti asuhan, dan lainya.

Selain untuk kemaslahatan umat yang membutuhkan, sebagian untuk memenuhi kebutuhan pegawai. Hal ini tentunya banyak nilai ibadah disertai dengan nilai dari ekonomi tanah.

Menurut Rocky, hasil panen padi jenis legowo ini, nantinya bukanlah untuk dijual, tapi untuk kemaslahatan umat, bisa diteruskan dan diberdayakan.

Selain manfaatan lahan areal perkantoran, lahan kantor Satpol PP juga akan kita manfaatkan ditanami padi legowo, bahkan respon pihak satpol PP telah mengizinkan mereka ikut merasa senang untuk warga di sini.

"Seluas 1.5 hektar lahan BPN hanya ditanami padi, sisanya bagian belakag kantor akan ditanami jagung, agar seluruh lahan produktif menjadi nilai ekonomis," terang Rocky.(WIL)