Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Pendiangan Jalur Baru Power Agung, Mursini Akan Rekrut Anak Pacu Jadi Atlet Dayung

Bupati Mursini yang juga Ketua PODSI Riau ketika Malayur Jalur baru Power Agung, Desa Kotogunung, Gunung Togar, Rabu malam (6/2/2019). (Foto: Hms Pemkab)

Bupati Mursini yang juga Ketua PODSI Riau ketika Malayur Jalur baru Power Agung, Desa Kotogunung, Gunung Togar, Rabu malam (6/2/2019). (Foto: Hms Pemkab)

Irwan S Benai

Jumat, 08 Februari 2019

Kotogunung - serantauriau.news - Persatuan dan kesatuan masyarakat Koto Gunung, secara khusus dan masyarakat Kecamatan Gunung Toar secara umum begitu terasa dan tampak pada saat prosesi acara Pendiangan jalur baru Power Agung, Rabu malam (6/2/2019 ) di Desa Koto Gunung.

Pendiangan jalur baru Power Agung yang langsung dihadiri Bupati Kuansing H Mursini dan rombongan termasuk Waka I DPRD Kuansing Sardiyono ini dikemas dalam acara audiensi dan silaturahmi masyarakat Kotogunung bersama Pemkab Kuansing.

Persatuan tersebut merupakan implementasi dari filosofi pacu jalur Kuantan Singingi. Sebab jalur akan mendapatkan sebuah juara atau prestasi harus seluruh komponen mulai dari masyarakatnya sampai anak jalur harus seiya sekata, bersatupadu.

Persatuan masyarakat Kotogunung Kecamatan Gunung Toar tampak dari hasil laporan ketua panitia pembuatan jalur Power Agung, di mana pembuatan jalur menghabiskan biaya dengan nominal Rp73 juta. 

Pada sesi acara penggalangan dana, dari panitia berhasil mengumpulkan sumbangan dari para ASN yang ada di Kecamatan Gunung Toar, dan para perangkat desa sebesar Rp38.200.000. Kekurangan biaya yang dibutuhkan ditutupi Bupati Mursini dengan cara mengumpulkan sumbangan dari para kepala OPD yang hadir.

Sumbangan dari Bupati dan Wabup Kuansing sebesar Rp10 juta, Sekda Rp 2.5 juta, pribadi H Mursini Rp 3 juta dan secara keseluruhan sumbangan yang berhasil terkumpul malam Pendiangan Jalur Rp36.400.000.

Bupati dalam sambutannya  menyampaikan peluang anak-anak Kotogunung bisa turut dalam kancah pembinaan atlet dayung Provinsi Riau. Sebab kepengurusan Persatuan Olahraga  Dayung Seluruh Indonesia  (PODSI) Riau adalah dirinya sendiri yang memimpinnya.

"Kita akan menyeleksi anak-anak kita yang berbakat di bidang dayung ini, maka dari itu jadikan jalur sebagai wadah berlatih dan bersungguh - sungguh. Selain jalur Power Agung bisa berprestasi dan juga bisa menghasilkan atlet-atlet dayung untuk kancah Porprov pada tahun 2021 mendatang," terang Mursini. (ISB)