Media Online serantauriau.news mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Ramadan 1440 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita mendapat rahmat dan ampunan serta amal ibadah kita dilipatgandakan dan diterima Allah SWT. Aamiin Yra.***

Seleksi PPPK Sedang Berlangsung, Pendaftaran Peserta 10 - 16 Februari

Syafruddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (Foto: Dok SRN)

Syafruddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (Foto: Dok SRN)

Serantau Riau

Sabtu, 09 Februari 2019

Pekanbaru - serantauriau.news - Tahun 2019, akan dilakukan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk itu, pemerintah daerah diminta mempersiapkan seleksi penerimaannya. 

Imbauan tersebut disampaikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin. Dalam surat yang dikirimkan menteri kepada Gubernur Riau, pada pekan ini, Menteri Syafruddin menerangkan bahwa diawali tahap I perekrutan PPPK untuk jabatan-jabatan Guru, Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian dari Tenaga Honorer Eks Kategori II (TH Eks K-II), yang ada dalam database BKN dan memenuhi persyaratan peraturan perundangundangan. 

Sistem seleksi menggunakan CAT UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Di antara persyaratan untuk rekrutmen PPPK Tahap I ini, untuk jabatan Guru di lingkungan Pemerintah Daerah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar. Juga dapat dicek di laman info.gtk.kemdikbud.go.id.

Untuk Tenaga Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai STR yang masih berlaku (bukan STR internship). Kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan dan Pranata Laboratorium Kesehatan, mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

Sedangkan Penyuluh Pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian. 

Setelah dilakukan pemetaan terhadap data TH Eks K-II merujuk pada persyaratan tersebut, TH Eks K-II yang dapat mendaftar adalah sejumlah 156 orang. Terdiri dari Guru sejumlah 156 orang. Sedangkan Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian tidak ada yang dapat mendaftar.

PPK juga diminta segera mengusulkan kebutuhan PPPK tahun 2019 kepada Menteri PANRB dan Kepala Badan Kepegawaian Negara. Disampaikan paling lambat 7 Februari 2019. Terhadap PPK yang tidak menyampaikan usulan kebutuhan, dinyatakan tidak melaksanakan pengadaan PPPK Tahap I. 

Sesuai jadwal yang ditetapkan, pendaftaran peserta rekrutmen PPPK pada 10 - 16 Februari dan verifikasi administrasi pada 10 - 17 Februari 2019. Sedangkan pelaksanaan tes pada 23 - 24 Februari, pengolahan nilai pada 25 - 28 Februari serta pengumuman hasil tes pada 1 Maret 2019. (FB)