Kemerdekaan itu adalah situasi di mana kita terlepas dari cengkraman penjajahan bangsa lain secara ekonomi dan politik. Jangan hanya teriak merdeka, bila kita masih terjajah.  Dengan semangat 45: Dirgahayu Kemerdekaan RI ! Semoga kita menjadi bangsa berdaulat, sejahtera secara utuh dan menyeluruh, berjalan dengan kepala tegak di atas kaki sendiri. Insyaallah. #BerkaryaNegeriMaju

Membludak di Candi Prambanan, Wisatawan Dialihkan ke Plaosan

Komplek candi kembar Plaosan, sekitar 2 km dari Candi Prambanan

Komplek candi kembar Plaosan, sekitar 2 km dari Candi Prambanan

M Iqbal Fikri

Rabu, 17 Januari 2018

Jakarta-serantauriau.news-Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan,  Desa Bugisan,  Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Candi berlatar belakang agama Budha dibangun oleh seorang putri raja bernama Pramodhawardhani atau Sri Kahulunan dati dinasti Sailandra  pada abad ke-9 Masehi. Dalam mendirikan bangunan ini dia didampingi oleh suaminya Rakai Pikatan, seorang raja beragama Hindu yang membangun Candi Prambanan.

Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada masa lalu, Kompleks percandian ini dikelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang. Sisa struktur tersebut masih bisa dilihat sampai saat ini di bagian timur dan barat candi.

Candi ini berada tak jauh dari Candi Prambanan lebih kurang 2 kilometer. "Jika hari-hari libur, menurut pengelola Cagar Budaya Candi Plaosan ini, wisatawan yang membludak di Prambanan dialihkan ke sini," tutur Tri Ari Yawan Rabu (17/1/2018).

Untuk tiket sendiri cukup murah dengan harga 2000 rupiah anda dapat menikmati candi kembar ini beirikut pemandangan sawah-sawah yang berada di sekeliling komplek candi.

Terlihat dari pantauan serantauriau.news wisatawan yang berkunjung tidak saja dari lokal, namun juga dari mancanegara datang menikmati objek wisata budaya ini.(MIF)