serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Pemerhati Pendidikan Pedesaan Kunjungi SMKN 1 Kuantan Hilir

KPPD menyampaikan informasi terkait pendidikan dan permasalahan-permasalahan yang banyak terjadi di kalangan siswa, seperti dialami SMK Negeri 1 Kuantan Hilir ini. (Foto: Ist)

KPPD menyampaikan informasi terkait pendidikan dan permasalahan-permasalahan yang banyak terjadi di kalangan siswa, seperti dialami SMK Negeri 1 Kuantan Hilir ini. (Foto: Ist)

Raja Sumardan

Selasa, 05 Maret 2019

Telukkuantan - serantauriau.news - Jumat (8/3/2019) lalu, Komunitas Pemerhati Pendidikan Pedesaan (KPPD) melakukan sosialisasi ke SMKN 1 Kuantan Hilir, bertemu guru-guru dan siswa.

Dilakukan pemberian informasi terkait pendidikan dan permasalahan-permasalahan yang banyak terjadi di kalangan siswa.

Roby Maiva Putra selaku Ketua KPPD, yang juga berprofesi sebagai dosen di FKIP Universitas Riau mengatakan bahwa komunitas ini terbentuk, karena rasa kecintaan terhadap dunia pendidikan. Termasuk keprihatinan terhadap berbagai permasalahan yang banyak terjadi di kalangan siswa.

"Misalnya masalah penyalahgunaan Narkoba, penyalahgunaan internet atau media sosial," terangnya.

Roby menyatakan, alasan memilih SMKN 1 Kuantan Hilir, karena melihat lokasi sekolah yang agak di pinggiran. Kemungkinan kurang mendapat sosialisasi tentang informasi yang diperlukan siswa. Terutama terkait dengan beberapa masalah tersebut. 

Alasan berikutnya, KPPD sering melihat foto ataupun video di media sosial tentang perjuangan siswa dan guru untuk mencapai sekolah. Akibat akses jalan yang rusak parah dan sangat berbahaya untuk dilalui. Apalagi jika hari hujan, guru dan siswa sangat kesulitan untuk dapat sampai ke sekolah.

Roby sendiri memberikan materi bijak menggunakan internet dan media sosial kepada siswa. Selain itu, materi smart people disampaikan oleh Galuh Ratna Handari, Snggota KPPD. Ditutup dengan stand up comedy oleh Leni Rahmawati.

Terakhir, penyerahan kenang-kenangan oleh KPPD kepada pihak sekolah. (RS)