serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Unit Metrologi Legal Kuansing Resmi Ditandatangani Menteri Perdagangan

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Rabu (20/3/2019) menandatangani UML Kuansing, di Lapangan GasibuĀ  Gedung Sate Kompleks Perkantoran Pemprov Jawa Barat. (Foto: Ist)

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Rabu (20/3/2019) menandatangani UML Kuansing, di Lapangan GasibuĀ  Gedung Sate Kompleks Perkantoran Pemprov Jawa Barat. (Foto: Ist)

Irwan S Benai

Rabu, 20 Maret 2019

Bandung - serantauriau.news - Unit Metrologi Legal Kabupaten Kuantan Singingi (UML Kuansing) resmi ditandatangani oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Rabu (20/3/2019).

Bertempat di Lapangan Gasibu  Gedung Sate Kompleks Perkantoran Pemprov Jawa Barat, penandatanganan tersebut dilakukan.

Penandatanganan prasasti UML ini sempena peringatan Hari Konsumen Nasional, yang dipusatkan di Kota Bandung. Penandatanganan prasasti dilakukan sekaligus untuk 251 prasasti UML seluruh Indonesia. 

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi Drs Azhar MM CPM menyampaikan, untuk melakukan perlindungan konsumen melalui tera timbangan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru. Namun dengan keluarnya Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Metrologi Legal, diharapkan Kabupaten Kuantan Singingi akan bisa mandiri di dalam melakukan tera ulang.

"Apalagi kini Kabupaten Kuantan Singingi sudah memiliki penera yang  memiliki sertifikasi, sebagai salah satu syarat pendirian UML," terangnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 78 Tahun 2016 tentang Unit Metrologi Legal bahwa yang dimaksud dengan metrologi legal adalah metrologi yang mengelola satuan-satuan ukuran, metoda-metoda pengukuran dan alat ukur yang menyangkut persyaratan teknik serta peraturan berdasarkan undang undang.

"Yang bertujuan melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran," lanjut Azhar.

Azhar juga menjelaskan, dengan ditandatanganinya prasasti Unit Metrologi Legal Kabupaten Kuantan Singingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, akan dijadikan momentum untuk melakukan perlindungan konsumen. (ISB)