serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Bupati Kuansing Minta Kurangi Kemasan Plastik Sekali Pakai

Penandatangan komitmen ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah DR Dianto Mampanini SE MT mewakili Bupati Kuansing, Kepala BKPP Hernalis SSos dan Kadis Pendidikan Pemuda Olahraga Jupirman SPd. (Foto: Hms Pemkab)

Penandatangan komitmen ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah DR Dianto Mampanini SE MT mewakili Bupati Kuansing, Kepala BKPP Hernalis SSos dan Kadis Pendidikan Pemuda Olahraga Jupirman SPd. (Foto: Hms Pemkab)

Irwan S Benai

Kamis, 21 Maret 2019

Telukkuantan - serantauriau.news - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan Limuno Telukkuantan ini difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuansing.

Bupati Kuansing dalam sambutannya yang disampaikan Sekda mengatakan bahwa plastik masih menjadi permasalahan utama dalam pencemaran lingkungan. Sifatnya yang tidak mudah terurai membuat sampah plastik selalu meningkat, bahkan bukan hanya di darat, juga terdapat di sungai yang dapat mengganggu biota alam.

"Hasil penelitian, kantong plastik dan styrofom adalah produk yang paling bermasalah dalam pencemaran lingkungan di sungai," jelas Sekda.

Hal tersebut pun dibuktikan dengan temuan di lapangan, ketika dilakukan clean up di berbagai lokasi. Ocean conservacy menyebutkan, 10 produk plastik yang ditemukan di berbagai pantai, termasuk di antaranya kemasan plastik sekali pakai.

"Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada kepala OPD, camat, kepala sekolah, pimpinan perusahaan serta masyarakat supaya berkomitmen untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Dengan tujuan mengurangi timbunan sampah plastik di lingkungan kita masing-masing," serunya.

Ada dua kegiatan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup. Sehubungan dengan peringatan HPSN. Yakni senam massal di lapangan Limuno Telukkuantan, diikuti oleh ribuan ASN dan pelajar. Selepas senam para pelajar sekaligus mengikuti undian doorprize yang menyediakan berbagai macam hadiah menarik dari panitia. 

Kemudian kegiatan kedua, penandatanganan komitmen bersama terhadap pengurangan sampah terutama sampah plastik yang kini telah menyumbang hingga 30 persen dari jenis sampah yang ada.

Penandatangan komitmen ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah DR Dianto Mampanini SE MT mewakili Bupati Kuansing, Kepala BKPP Hernalis SSos dan Kadis Pendidikan Pemuda Olahraga Jupirman SPd. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuansing Rustam menambahkan, kegiatan peringatan HPSN Tahun 2019 Kabupaten Kuansing meliputi berbagai rangkaian kegiatan. Yaitu, kampanye tema HPSN secara online maupun offline, program bersih sungai yang melibatkan masyarakat secara aktif serta pencanangan program pengurangan penggunaan kemasan plastik sekali pakai di Kabupaten Kuansing. (ISB)