Selamat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah./ 24 Mei 2020 Masehi. Selamat merayakan hari kemenangan dan kembali kepada insan yang fitri, hasil tempaan bulan suci Ramadan. Minal Aidin Walfaizin, Maaf Lahir dan Batin.***

Walikota Dumai Tersangka KPK Terjerat 2 Kasus

Zulkifli AS, Walikota Dumai. (Foto: Net)

Zulkifli AS, Walikota Dumai. (Foto: Net)

Serantau Riau

Ahad, 05 Mei 2019

Jakarta - serantauriau.news - Walikota Dumai Zulkifli Adnan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus dugaan suap.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019) menegaskan hal itu.

Adapun kasus yang menjerat walikota kota minyak ini, kasus suap usulan dana perimbangan keuangan daerah pada rancangan APBN Perubahan Tahun Anggaran 2018. Sebagaimana dikutip dari kompas.com, walikota Dumai juga dinyatakan tersangkut kasus gratifikasi uang Rp50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta. 

"Tersangka pada dua perkara," jelas Laode. 

Zulkifli diduga telah memberi uang sebesar Rp550 juta kepada mantan pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Yaya Purnomo dan kawan-kawan. Untuk memuluskan urusan dana alokasi khusus Kota Dumai, dalam APBN Perubahan Tahun 2017 dan APBN 2018.

Sedangkan pada kasus kedua, diduga menerima gratifikasi berupa uang Rp50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta, diduga berhubungan dengan jabatan tersangka, berlawanan dengan kewajiban atau tugas pemerintahannya. (SRN)