Kemerdekaan itu adalah situasi di mana kita terlepas dari cengkraman penjajahan bangsa lain secara ekonomi dan politik. Jangan hanya teriak merdeka, bila kita masih terjajah.  Dengan semangat 45: Dirgahayu Kemerdekaan RI ! Semoga kita menjadi bangsa berdaulat, sejahtera secara utuh dan menyeluruh, berjalan dengan kepala tegak di atas kaki sendiri. Insyaallah. #BerkaryaNegeriMaju

Turis Malaysia Masih Peringkat Teratas Kunjungi Indonesia

Kepala BPS RI menerangkan tentang kunjungan Wisman ke Indonesia, pada April lalu, saat teleconference berita resmi statistik. (Foto: Fitri Burhan)

Kepala BPS RI menerangkan tentang kunjungan Wisman ke Indonesia, pada April lalu, saat teleconference berita resmi statistik. (Foto: Fitri Burhan)

Serantau Riau

Jumat, 14 Juni 2019

Pekanbaru - serantauriau.news - Turis asal negara jiran Malaysia masih menempati peringkat teratas dari segi kunjungan ke Indonesia. Pada April 2019, sebanyak 256.303 (19,66 persen) kunjungan tercatat dari Malaysia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI Dr Suhariyanto, saat teleconference rilis berita resmi statistik di kantor BPS Riau, belum lama ini menerangkan, kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia, di posisi top 5 seakan tidak pernah berubah. 

"Berdasarkan kebangsaan Wisman yang datang ke Indonesia, top 5 masih ditempati Wisman asal Malaysia, Singapura, Timor Leste, Australia dan Tiongkok," sebutnya.

Tercatat 4 negara tersebut adalah negara tetangga Indonesia, sedangkan satu negara yang jauh dari Indonesia, Tiongkok, setiap bulan seolah juga menempati posisi top 5 kunjungan Wisman ke Indonesia.

Sementara itu, pada April lalu, posisi kedua Wisman paling banyak ditempati turis dari Tiongkok. Sejumlah 171.575 kunjungan (13,16 persen). Kemudian di posisi ketiga, Wisman terbanyak dari negara jiran Singapura, sebanyak 149.979 (11,50 persen).

Berikutnya di posisi keempat dan kelima, Wisman dari Timor Leste dan Australia. Kunjungan turis asal Timor Leste sebanyak 106.245 kunjungan (8,15 persen) dan dari Australia 101.999 kunjungan (7,82 persen).

Ditambahkan Suhariyanto, total kunjungan Wisman ke Indonesia pada April 2019 mencapai 1,30 juta kunjungan. Kunjungan wisatawan mancanegara April 2019 mengalami kenaikan 0,11 persen dibanding jumlah kunjungan pada April 2018. 

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Maret 2019, jumlah kunjungan Wisman pada April 2019 mengalami penurunan sebesar 2,74 persen. (FB