Salam Tahniah Hari Guru kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sesungguhnya jasa guru tak berbilang karena tak memang tak terbilang. Tanpamu aku bukan siapa-siapa. ***

Sepekan di Makkah, Jamaah Calon Haji Meranti Dalam Kondisi Sehat

Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa yang mendampingi JCH Asal Meranti di tanah suci. (Foto: Hms Meranti)

Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa yang mendampingi JCH Asal Meranti di tanah suci. (Foto: Hms Meranti)

Serantau Riau

Senin, 29 Juli 2019

Makkah - serantauriau.news - Sejauh ini kondisi Jamaah Calon Haji Kepulauan Meranti berada di Kota Makkah dalam kondisi sehat walafiat dan dapat melaksanakan semua aktivitas ibadah di tanah suci dengan baik. 

Hal ini dibeberkan Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Ketua TPHD Meranti Ustadz Mustafa didampingi Ketua Regu 33 Rombongan 9 Andri Kurniawan, Jumat (27/7/2019) malam.

Hal ini, lanjut dia, tak terlepas dari dukungan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) bekerja sama dengan Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Meranti, yang senantiasa mengawasi dan memperhatikan kondisi terkini dari jamaah.

Tidak hanya itu, selama sepekan berada di kota Mekkah, berbagai aktivitas ibadah pun telah dilaksanakan JCH Meranti dengan aman dan lancar. Dimulai dengan melaksanakan Umroh Wajib dan Sunah, kemudian melakukan Tawaf Sa'i dan Tahalul serta  mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Kota Suci Makkah seperti Jabal Rahmah, Jabal Tsur, Jabal Nur, Musdalifah dan lainnya.

"Setelah satu pekan berada di Makkah melaksanakan berbagai aktivitas ibadah Rukun dan Sunah Haji di Kota Makkah, kondisi Jamaah Calon Haji Meranti berada dalam keadaan baik. Seluruh Jamaah Calon Haji asal Meranti yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Haji Antara Pekanbaru bersama Jamaah Kabupaten Inhu dan Kota Pekanbaru, atas izin Allah tidak mengalami kendala berarti dan dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan lancar," sebut Hery. 

Untuk menjaga kondisi kesehatan Jamaah Calon Haji Meranti ini, Tim TPHD juga mengingatkan jamaah dalam melaksanakan ibadah untuk tidak memaksakan diri. Seperti Jumat kemarin, saat melaksanakan Salat Jumat berjamaah, di mana bagi Jamaah yang dalam kondisi resiko tinggi cukup melaksanakannya di Masjidil Harom dan bagi yang kuat melaksanakannya di Musala Hotel Assabiq.

Dari informasi yang didapat, Hery menambahkan, saat pelaksanaan Salat Jumat di Mushola Hotel Assabiq, Ketua Tim TPHD Meranti Ustadz Mustafa dipercayakan oleh Jamaah Kloter 6 untuk memberikan pencerahan dengan bertindak sebagai Khatib Jumat.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Meranti ini juga menambahkan, disela-sela waktu senggang, Jemaah Calon Haji Meranti juga berkesempatan mengunjungi pasar di Kota Mekah yakni Pasar Jafariyah untuk melihat berbagai pernak pernik yang nantinya akan dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga sekembalinya ke kampung halaman. 

Ketua Tim TPHD Meranti Ustadz Mustafa didampingi Ketua Regu Rombongan 9 Andri Kurniawan, juga mohon doa seraya berharap hingga akhir nanti kondisi Jemaah Calon Haji Meranti tetap sehat walafiat dan dapat melaksanakan semua rukun wajib dan sunah haji dengan sempura, agar sekembalinya nanti ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

"Semoga keadaan ini dapat terjaga hingga akhir ibadah haji nanti dan seluruh jemaah dapat kembali ke kampung halaman dengan kondisi sehat walafiat dan menjadi haji yang mabrur," harapnya. (HUM/EKO)