Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Masyarakat Tolak Rencana Pembangunan Waduk Serbaguna, Sukiman: Tak Perlu Resah

Audiensi masyarakat Rokan IV Koto dengan Plt Bupati Rokan Hulu.

Audiensi masyarakat Rokan IV Koto dengan Plt Bupati Rokan Hulu.

Mita

Rabu, 24 Januari 2018

Pasirpengaraian-serantauriau.news-Sejumlah masyarakat dari Desa Cipang Kiri Hulu, Cipang Kiri Hilir, Cipang Kanan dan Desa Tibawan ,yang berada di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, mendatangi Kantor Bupati Rohul,  Selasa, (23/1/2018),  dan menyampaikan keluhan masyarakat terkait rencana pembangunan waduk serbaguna .

Kedatangan masyarakat 4 desa itu disambut Plt Bupati Rohul H Sukiman dan Kepala Dinas Pekejaan Umum dan Penataan Ruang  Anton ST MT.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang masyarakat, Rio Andri menyampaikan bahwa saat ini masyarakat 4 desa marasa resah dengan adanya rencana pembangunan waduk raksasa serbaguna di sekitar desa mereka.  

"Di 4 desa itu, pada umumnya permukiman warga berada di sepanjang bantaran sungai. Hanya beberapa yang jauh di daratan. Jadi kalau dibaangun waduk raksasa, masyarakat takut rumahnya kebanjiran," kata Rio di hadapan Plt Bupati  Sukiman.

Rio juga menyampaikan, masyarakat 4 desa itu menyatakan menolak pembangunan waduk raksas yang direncanakan pemerintah.

Plt. Bupati Rohul, menanggapi positif persoalan yang dihadapi warga 4 desa itu.

"Apa yang diinginkan masyarakat, akan menjadi pertimbangan kita. Dan nanti keinginan masyarakat ini akan dilaporkan kepada gubernur agar keputusan untuk pembangunan waduk serba guna ini dipertimbangkan kembali. Buat masyarakat 4 desa di Rokan IV Koto, tak perlulah merasa resah, tenang saja, jangan tergembleng isu  atau informasi yang bakal membuat masyarakat resah. Karna Kami selaku pemerintah daerah bakal pro terhadap masyarakat dan mendengarkan keluhan masyarkat," Kata Plt Bupati Sukiman.

Di tempat yang sama, Kadis PUPR mengatakan, pembangunan waduk serbaguna di kecamatan Rokan IV Koto, yang pasti tahun 2018 ini baru akan membuat perencanaan desain rab, dan perencanaan sertifikasi lahan bangunan waduk yang termasuk proyek stategis nasional itu. 

" Waduk ini dibangun tujuan utamanya untuk listrik, irigasi, dan pengembangan lainnya seperti pariwisata. " ungkap anton.(MTA)