Bapak Demokrasi Bangsa yang Reformis itu telah berpulang ke Rahmatullah, seiring dengan seruan Azan Maghrib, Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Jenazah dikebumikan Kamis (12/9/2019) di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Selamat jalan Prof DR Ing BJ Habibie, semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan husnul khotimah. Kami turut berduka dan Dunia Iptek pun kehilangan ilmuwan terpandang yang akan selalu dikenang. ***

Kukerta Unri Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Kerajinan Piring dari Limbah Lidi Sawit

Suasana sosialisasi ekonomi kreatif oleh Tim Kukerta Unri dan pelatihan pembuatan piring dari lidi kelapa sawit di Kampung Laksamana, Sanak Auh, Siak. (Foto: Ist)

Suasana sosialisasi ekonomi kreatif oleh Tim Kukerta Unri dan pelatihan pembuatan piring dari lidi kelapa sawit di Kampung Laksamana, Sanak Auh, Siak. (Foto: Ist)

Serantau Riau

Rabu, 14 Agustus 2019

Sabak-Auh serantauriau.news - Tim Kukerta Tematik Universitas Riau Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak mengadakan sosialisasi pentingnya ekonomi kreatif dengan dibarengi kegiatan pembuatan kerajinan tangan dari lidi sawit bersama masyarakat pada 13 Agustus 2019 di Aula Kantor Kampung Laksamana.

Program sosialisasi ekonomi kreatif ini salah satunya bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang pentingnya penerapan ekonomi kreatif di kalangan masyarakat Kampung Laksamana.

Moch.Aziz Al-Qadri selaku Koordinator Desa Tim Kukerta Universitas Riau di Kampung Laksamana menjelaskan, kegiatan ini merupakan program untuk menambah keterampilan pada ibu rumah tangga yang ada di Kampung Laksamana.

"Diharapkan produk piring lidi kelapa sawit menjadi ciri khas Kampung Laksamana serta menjadi produk oleh-oleh dari Desa Laksamana,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan program ini, ekonomi kreatif dikenalkan kepada masyarakat mulai dari pentingnya ekonomi kreatif di zaman sekarang ini karena cukup menyumbang dalam peningkatan PDB indonesia, manfaat ekonomi kreatif, sektor-sektor ekonomi kreatif, hingga cara mengaplikasikan ekonomi kreatif itu dalam sebuah kerajinan tangan berbentuk piring dari lidi kelapa sawit.

Pemilihan bahan lidi kelapa sawit sebagai bahan kerajinan ini merupakan bentuk pemanfaatan bahan yang tersedia di desa karena kebanyakan warga memiliki kebun kelapa sawit yang mana lidi kelapa sawit tersebut jika dimanfaatkan akan memiliki nilai ekonomis yang dapat dijual karena piring lidi kelapa sawit merupakan produk yang unik di mana biasanya piring lidi berasal dari lidi kelapa.

Pasar dan permintaan produk piring lidi juga cukup besar, contohnya saja untuk alas hidangan dalam peletakan makanan tradisional, hiasan dan parcel. Penutup dari pelaksanaan sosialisasi ekonomi kreatif ini yaitu agar masyarakat bisa menjadikan program pembuatan kerajinan tersebut terus berlanjut dan dapat menjadikan produk piring lidi kelapa sawit sebagai ciri dari Kampung Laksamana. (RLS)