Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Petani Desa Pasir Maju Panen Raya

Panen raya di Desa Pasir Maju.

Panen raya di Desa Pasir Maju.

Mita

Rabu, 24 Januari 2018

Rambah-serantauriau.news-Petani di Desa Pasir Maju panen raya, Rabu (24/1/2018). Panen raya mengundang Plt Bupati Rokan Hulu H Sukiman.

Panen padi sawah dilaksanakan di lahan seluas 25 hektar milik Kelompok Tani Maja Setia Desa Pasir Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Kelompok tani ini binaan Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Rokan Hulu. Panen raya juga sebagai hasil upaya khusus pengembangan komoditi padi jagung dan kedelai tahun 2017.

Mengenai panen raya ini, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Rokan Hulu Mubrizal mengatakan, tahun 2017 lalu, lahan sawah yang tertanam seluas 2.200 ha yang tersebar di 5 kecamatan. Lima kecamatan tersebut, Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, Bangun Purba dan Rokan IV Koto.

"Yang dipanen merupakan padi yang ditanam pada November 2017, dengan luas lahan yang termasuk program upsus pajale, seluas 86 ha. Namun yang baru bisa dipanen seluas 25 ha," ungkap Mubrizal.

Untuk sawah yang menjadi sasaran kegiatan upsus pajale di Desa Pasir Maju, merupakan lahan tadah hujan, belum irigasi, namun hasil penanaman sangat berhasil.

Plt Bupati Rokan Hulu Sukiman menyampaikan bahwa lahan sawah di Rokan Hulu sudah banyak dialihfungsikan menjadi perkebunan. Harus diupayakan kembali menjadi lahan persawahan. Untuk itu, masyarakat diminta mengaktifkan kembali lahan yang tidur dan lahan alih fungsi.

Turut hadir, pejabat di lingkungan Pemkab Rohul dan unsur Forkopimda seperti Kapolres Rohul, Kajari, Dandim KPR 0313, dengan didampingi para ibu tani.

Di penghujung acara, Sukiman memberikan bantuan 1 unit mesin pertanian berupa alat pemanen padi untuk anggota Kelompok Tani Maja Setia. (MTA)