Salam Tahniah, Selamat Merayakan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai daerah pemekaran baru, punya semangat dan harapan baru untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat tempatan menjadi negeri yang cemerlang dan terbilang. Insyaallah.***

Masih Beraktivitas di Luar Ruangan, Pertamina Dumai Bagikan Masker Kepada Anak-anak

Pembagian masker oleh Pegawai Pertamina Dumai kepada anak-anak yang masih beraktivitas di luar rumah. (Foto: Dumai Pos)

Pembagian masker oleh Pegawai Pertamina Dumai kepada anak-anak yang masih beraktivitas di luar rumah. (Foto: Dumai Pos)

Serantau Riau

Sabtu, 14 September 2019

Dumai - serantauriau.news - Bekerja sama dengan pihak kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II kembali bagikan masker kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Palas dan Jaya Mukti. 

Pembagian masker masih dibarengi dengan penyampaian himbauan guna mengurangi dampak dari asap kiriman kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) kepada masyarakat mulai anak-anak hingga para lansia. Kegiatan dilaksanakan di beberapa titik padat kegiatan serta rumah warga, Kamis (12/9/2019).

Unit Manager Comm, Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan menyatakan, kegiatan ini merupakan kali ke-4 dilaksanakan sejak kembali meningkatnya kadar kabut asap karlahut di Kota Dumai. 

Dalam pelaksanaan kegiatan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kelurahan dan LPMK Tanjung Palas guna menentukan titik pembagian masker guna mengoptimalkan jumlah bantuan di tengah keterbatasan yang ada. 

“Pada pembagian masker hari ini kami bagikan sejumlah 1200 masker. Walaupun tidak terlalu banyak, kami berharap agar masyarakat dapat tetap memperoleh manfaat dari bantuan ini.”, ungkap Muslim. 

Berbeda dengan kegiatan bagi-bagi masker sebelumnya, kali ini Muslim menyatakan pihaknya lebih memfokuskan pembagian dan penyuluhan kepada anak-anak yang masih berkegiatan di luar ruangan. 

Walaupun pada saat pembagian di siang hari asap Karlahut tidak setebal saat pagi hari, pihaknya merasa perlu untuk menginformasikan kepada anak-anak untuk lebih berhati-hati dalam berkegiatan di luar ruangan. 

“Dari informasi yang kami dapatkan, kegiatan belajar-mengajar di tingkat SD memang diliburkan hingga Jumat ini. Namun kami masih menemukan banyak anak yang bermain di luar ruangan. Tim Pertamina yang terdiri dari beberapa pekerja muda secara khusus mencari kumpulan anak tersebut untuk diberikan masker dan sekilas informasi mengenai dampak asap Karlahut," imbuh Muslim. 

Rizky Ramadan (12 th) siswa kelas 5 SDN 021 Tanjung Palas saat mendapatkan informasi mengenai bahaya Karlahut mengakui kegiatan belajar+mengajar memang diliburkan, namun ia dan teman-teman masih kerap bermain di luar rumah. 

Walaupun belum mengetahui secara persis bahaya dari Karlahut, ia berharap agar asap yang sudah lebih dari 1 bulan menghiasi langit Kota Dumai ini dapat segera tertatasi. 

“Maunya bisa kembali sekolah tanpa diganggu asap. Kemarin juga bareng guru di sekolah ada doa bersama supaya asapnya cepat pergi,”, terang Rizky. 

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, selain menyasar anak-anak, pembagian masker juga dilaksanakan di beberapa titik padat kendaraan seperti di depan Kantor Kelurahan Tanjung Palas. Tidak seperti pembagian yang lalu, saat ini terlihat para pengendara motor yang mulai menyadari pentingnya menggunakan masker. 

Bagi yang belum menggunakan, pihaknya tetap mengajak pengendara berhenti sejenak untuk memakai masker dan mendengarkan sedikit informasi dari para pekerja Pertamina. 

Terkait dengan kualitas udara, Muslim menjelaskan, di internal Pertamina RU II, Tim Health Safety Security dan Environment (HSSE) rutin melakukan pengecekan kualitas udara menggunakan alat ukur Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). 

Pada pengecekan Kamis (12/9/2019) alat ISPU mencatat kualitas udara berada pada angka 288 atau masuk ke dalam kategori tidak sehat. Ia menghimbau agar masyarakat terus berhati-hati di tengah kondisi yang tengah dialami Kota Dumai. 

“Masker adalah hal yang mutlak dipakai saat berkegiatan di luar ruangan. Selain itu, perbanyak pula konsumsi air putih agar tubuh tetap dalam kondisi yang baik. Mari bersama-sama kita berdoa agar kondisi ini dapat segera berlalu”, pungkas Muslim. (*/SRN)