serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Pemkab Kuansing Bergiat Raih Level 3 Maturitas SPIP

Pemkab Kuansing ,Selasa (24/9/2019) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan muturitas SPIP di ruang Multimedia Kantor Bupati dengan Pemateri Kepala BPKP Perwakilan Riau Emirat, dibuka Bupati Kuansing H Mursini yang didampingi Sekda Dianto Mampanini. (Foto: Hms Pemkab)

Pemkab Kuansing ,Selasa (24/9/2019) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan muturitas SPIP di ruang Multimedia Kantor Bupati dengan Pemateri Kepala BPKP Perwakilan Riau Emirat, dibuka Bupati Kuansing H Mursini yang didampingi Sekda Dianto Mampanini. (Foto: Hms Pemkab)

Irwan S Benai

Selasa, 24 September 2019

Telukkuantan - serantauriau.news - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi sedang bergiat untuk meraih level III terhadap peningkatan muturitas SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah). 

Untuk mencapai upaya tersebut, Pemkab Kuantan Singingi pada hari Selasa (24/9/2019) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan muturitas SPIP di ruang Multimedia Kantor Bupati. Bupati Kuansing H Mursini didampingi Sekda Dianto Mampanini, asisten, dan para kepala OPD.

Sedangkan pemateri dalam bimtek tersebut adalah Kepala BPKP Provinsi Riau Sumirat beserta tim. Bupati Mursini menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan kepada OPD untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan serius.

"Untuk mencapai level 3 SPIP kita sebenarnya tidaklah susah. Asalkan ada kemauan kuat dari kita semua yang didukung seluruh OPD. Karena yang kita kerjakan itu adalah bagian dari pekerjaan kita sehari-hari," ujar Mursini.

Sementara itu Kepala BPKP Riau diwakili Korwas Sumirat mengatakan bahwa Kuansing diyakininya bisa meraih level tersebut. Buktinya, telah banyak prestasi dan penghargaan yang diraih Pemkab Kuansing terkait penyelenggaraan pemerintahan di mana ke semua itu menunjukkan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik.

"Sejumlah penghargaan itu menjukkan bahwa Kuansing sudah melaksanakan SPIP dengan baik," ujar Sumirat.

Dia mengatakan tujuan dari SPIP adalah untuk mengamankan aset pemerintah daerah dan menyejahterakan masyarakat. Karenanya untuk memperjuangkan level 3 SPIP tersebut diperlukan kegiatan yang terintegrasi dari seluruh OPD. 

Dia menjelaskan ada beberapa kendala yang dihadapi Kuansing untuk mencapai level tersebut. Yaitu dari 9 unsur SPIP sebahagian data yang telah diterima  belum diolah dan data belum diterima BPKP. Sementara dari 16 sub unsur SPIP

Data yang diolah masih dengan catatan karena belum seluruhnya dapat dinilai lengkap dan memenuhi suplemen 2 SPIP.

"Karena iru memang diperlukan sinergitas dan kerja keras kita semua. Kendati demikian saya menyakini bisa dan kami menargetkan akhir Oktober 2019 ini SPIP Kuansing sudah berada pada level 3," paparnya meyakinkan. (*/ISB)