serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Bupati Mursini Tinjau dan Bantu Korban Angin Puting Beliung

Bupati Nuraini bersama Anggota DPRD Kuansing Dalil Sinting-Singongi Hilir meninjau kondisi masyarakat korban angin puting beling di Desa Air Mas, Singingi, Senin petang. (Foto: Hms Pemkab)

Bupati Nuraini bersama Anggota DPRD Kuansing Dalil Sinting-Singongi Hilir meninjau kondisi masyarakat korban angin puting beling di Desa Air Mas, Singingi, Senin petang. (Foto: Hms Pemkab)

Irwan S Benai

Selasa, 15 Oktober 2019

Muaralembu - serantauriau.news - Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi, Senin petang (14/9/2019) meninjau sekaligus memberi bantuan terhadap masyarakat Desa Air Mas, Kecamatan Singingi. Mereka korban angin puting beliung yang terjadi pada Ahad malam (13/9/2019) pukul 20.00 WIB.

Bersama bupati turut hadir Wakil Ketua I DPRD Kuansing Zulhendri bersama beberapa anggota yang berasal dari Dapil Singingi dan Singingi Hilir, Plt Kadis Sosial PMD Drs Napisman dan Camat Singingi SIP MSi. 

Dampak musibah angin puting beliung yang menimpa masyarakat Desa Air Mas ini sebanyak 25 unit rumah masyarakat mengalami kerusakan. Dari jumlah itu, 3 unit merupakan fasilitas umum, 22 unit lainnya rumah masyarakat. Sementara di antara rumah masyarakat yang mengalami kerusakan, 3 di antaranya mengalami kerusakan terparah karena ditimpa pohon besar.

Ganasnya angin puting beliung ini juga terlihat dari banyaknya pepohonan yang bertumbangan baik di jalan maupun di halaman atau di sekitar rumah-rumah warga. 

Atas musibah yang menimpa warga Desa Air Mas ini, Bupati Kuansing Mursini menyampaikan rasa keprihatin atas musibah yang terjadi.

"Saya juga merasakan kesedihan yang dialami warga masyarakat Desa Air Mas atas musibah ini. Namun saya juga berharap masyarakat jangan terlalu larut dengan kesedihan tersebut. Pemda semampunya juga berupaya membantu warga masyarakat," ujar Mursini.

Untuk bantuan tahap awal, melalui bantuan tanggap darurat, Pemda Kuansing membantu warga masyarakat antara lain beras sebanyak 25 karung, minyak goreng 25 bungkus, mie instan 15 kardus, terpal 10, matras 30, selimut 19 buah, baju seragam sekolah SMA 20 stel, baju kaos 1,5 lusin.

"Nantinya Pemkab Kuansing juga memberikan bantuan tambahan dalam bentuk barang. Misalnya atap seng untuk membantu memperbaiki atap rumah warga yang rusak. Namun jumlah dan besaran bantuan tentunya disesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah," terang Mursini.

Secara pribadi Bupati Mursini juga memberikan bantuan uang sebesar Rp 4 juta. Bantuan ini diberikan kepada 3 warga yang mengalami kerusakan rumah sangat parah mendapatkan bantuan masing-masing Rp 1 jt. Sedangkan Rp 1 jt lagi diserahkan kepada kepala desa  penyerahannya untuk diserahkan kepada warga yang mendapatkan musibah lainnya. (*/ISB)